MIUI 10 baru saja mendarat secara resmi ke berbagai w Xiaomi dengan segudang perubahan, termasuk perubahan tampilan UI (antarmuka pengguna) yang menjadi lebih bersahabat.

Namun meskipun demikian, terdapat cukup banyak orang yang ingin membuat tampilan antarmuka perangkat Xiaomi-nya terlihat lebih personal dengan mengganti komponen-komponennya, dari mulai wallpaper hingga tema secara keseluruhan.

Dan salah satu menjadi hambatan kebanyakan orang dalam membuat tampilan yang lebih personal ini adalah tidak adanya menu ganti teks (font) di aplikasi Tema yang disertakan Xiaomi dalam perangkat-perangkatnya.

Untuk itu, dalam ulasan kali ini, kami akan mencoba mengulas bagaimana cara mengunduh hingga mengubah font di perangkat Xiaomi, khususnya yang menjalankan sistem operasi terbarunya, yakni MIUI 10.

Dan pastinya, di ulasan kali ini, cara yang akan kami ulas tidak perlu menggunakan akses root, yang notabene bisa cukup berbahaya bila berada di tangan orang yang tidak tepat.

Cara Mengubah Font di ROM MIUI 10 Xiaomi Tanpa Root

Cara paling mudah menemukan unduhan jenis font untuk MIUI 10 bisa dilakukan dengan membuka aplikasi Tema di perangkat yang kamu gunakan. Meski tidak tampak bagian opsi mengganti font-nya, kamu bisa menggunakannya dengan trik sederhana.

Setelah berhasil masuk ke halaman utama aplikasi Tema di MIUI 10, kamu hanya perlu mengetikan kata “free” di kolom pencarian. Selanjutnya, kamu hanya perlu melakukan pencarian dengan kata kunci tersebut.

Dari daftar hasil penelusuran, kamu akan menemukan bagian font, jika belum kamu bisa menggulirkan layar ke bagian bawah. Untuk melihat pilihan bentuk font lainnya, kamu bisa memilih tombol View all.

Cari tema yang sesuai dengan personalisasi yang kamu inginkan. Jika sudah ketemu, klik pada jenis font tersebut, pilih tombol Unduh gratis, dan tunggu. Setelah proses mengunduh font selesai, pilih tombol Terapkan.

Jika muncul permintaan untuk memuat ulang perangkat, maka konfirmasi dengan tombol yang sesuai. Jika berhasil, setelah perangkat telah hidup kembali, tampil teks di perangkat Xiaomi yang kamu gunakan akan berubah.

Selain menggunakan cara ini, kamu juga bisa mengganti regional dari perangkat Xiaomi tersebut. Dengan cara ini, kamu bisa memunculkan opsi font di aplikasi tema, yang juga bisa kamu gunakan untuk mengembalikan font ke font bawaan.