Mengunci Layar dan Aplikasi di HP Android sangat diperlukan saat kita mempunyai data penting atau sesuatu yang bersifat privasi. Apalagi kalau banyak teman yang suka usil meminjam HP kita tanpa permisi tentu sangat rawan semua informasi sensitif akan terbuka.

Lock screen dan aplikasi OPPO A3s

Fitur Face Unlock di HP OPPO A3s sangat berguna bagi penggunanya bila ingin lebih aman saat mengunci layar (screen lock) maupun mengunci akses aplikasi. Walaupun pada fitur standar android sudah ada keamanan seperti Pola, PIN atau Kata sandi namun untk lebih kuat lagi bisa menggunakan scan wajah dengan tingkat keamanan kuat.

Terkait

Meskipun fitur Fingerprint tidak ada di OPPO A3s karena untuk menekan harga agar lebih murah, namun face unlock sudah cukup sebagai pengganti fitur keamanan layar dan aplikasi penggunanya.

Cara Kunci aplikasi OPPO A3s dengan face unlock

Bila semisal kita tidak ingin ada orang lain yang dengan mudah membuka aplikasi di HP OPPO kita saat sudah berhasil membuka kunci layar, maka peru kita amankan dengan kunci wajah, caranya sebagai berikut:

1. Pertama kali kita perlu membuat dahulu kunci standar android seperti Pola, PIN atau password, terserah anda pilih mode pengaman layar yang mana.

2. Masuk ke menu settings di HP OPPO A3s, kemudian pilih “Face & passode”

menu face and passcode oppo a3s

3. Selanjutnya kita buat dulu kunci layar (lockscreen), masuk ke opsi “Lokscreen password”, dan buat kunci layar sesuai keinginan

4. Bila sudah, kita menuju ke menu “Face”, Bila pertama kali kita belum meregistrasi wajah kita maka akan ada panduan di layar untuk scan kontur wajah kita supaya tersimpan di sistem.

5. Setelah itu, masuk ke opsi “Use Face For”, disana ada 3 pilihan menu yang dapat diaktifkan seperti Unlock, App lock dan juga Private safe

mengaktifkan face unlock oppo

6. Aktifkan opsi “App lock” untuk mengunci aplikasi, nantinya akan muncul deretan daftar aplikasi yang dapat kita kunci aksesnya saat dibuka, silahkan pilih mana yang ingin kita lock.

7. Setelah semua beres, tutup kembali menu settingan dan coba buka salah satu aplikasi yang kita setting untuk terkunci aksesnya, coba buka dengan scan face unlock.

Lalu bagaimana kalau sensor wajah di OPPO A3s selalu gagal mendeteksi?, kita bisa menggunakan kunci cadangan yang kita buat sebelumnya yakni bisa menggunakan PIN, Password maupun Pola.

Dimana untuk fitur kamera OPPO A3s sudah dibekali sensor Dual kamera dengan masing-masing mempunyai resolusi sebesar 13 MP dan 2 MP di bagian belakangnya. Dan untuk hasil kamera selfie OPPO A3s juga tidak mengecewakan karena sudah didukung sensor beresolusi 8 MP.