Layanan pembayaran digital via WhatsApp bukanlah kabar baru, karena awal tahun lalu WhatsApp sudah meluncurkan layanan pembayaran digital peer-to-peer, dalam versi beta di India, salah satu pasar terpentingnya.

Kini, kabar itu kembali mencuat, WhatsApp dikabarkan bakal menyematkan fitur baru ke layanan pesan instannya, kali ini berupa kemampuan untuk transfer uang antar pengguna.

Serupa dengan pembayaran digital peer to peer, WhatsApp akan mulai menerapkan fitur transfer di India.

Dilaporkan The Verge, WhatsApp mengandalakan layanan milik sendiri, yakni stablecoin. Namun, sepertinya masih butuh waktu sebelum fitur transfer uang WhatsApp siap digunakan karena Facebook disinyalir masih menggodok strategi apa yang akan diterapkan untuk stablecoin terkait.

Terkait

Stablecoin adalah sejenis mata uang digital (cryptocurrency) yang dikaitkan ke dollar AS untuk meminimalisir fluktuasi nilai.

WhatsApp  menyasar pasar transfer uang (remittance) di India bukan tanpa sebab. Pasalnya, menurut keterangan dari World Bank, India menerima remitansi senilai 69 miliar dollar AS dari para warganya yang bekerja di luar negeri.