Sebagai pengguna kartu Telkomsel yang sudah terbilang lama, kamu mungkin tidak menyadari apakah kartu SIM yang digunakan sudah mendukung 4G atau belum.

Advertisement

Jaringan 4G sangat dibutuhkan sekali bagi para pengguna yang menginginkan internet cepat khususnya untuk perangkat smartphone. Apalagi dengan sudah mulai dipersiapkannya jaringan 5G yang tidak lama lagi siap untuk dinikmati oleh para konsumen umum.

Sayangnya tidak semua kartu SIM yang sudah beredar seperti simPATI dari Telkomsel mendukung teknologi terbaru ini yang baru diperkenalkan beberapa tahun belakang. Oleh karena itu bagi kamu yang sudah menggunakan kartu SIM milik Telkomsel lebih di bawah tahun 2010 dapat dipastikan kartu yang digunakan belum mendukung jaringan 4G LTE.

Namun bagaimana jika kamu baru membeli kartu sekitar 2-3 tahun lalu? Dikarenakan saat itu masih dalam masa transisi, pastinya kartu SIM Telkomsel yang tersedia di pasaran bercampur antara kartu USIM yang lebih baru dengan model biasa.

Lalu adakah cara untuk memastikan kartu SIM Telkomsel yang digunakan sudah mendukung jaringan 4G atau belum? Tentu saja ada dan caranya sangat mudah untuk dilakukan tanpa perlu langsung datang ke gerai terlebih dahulu sehingga kamu tidak perlu buang-buang waktu hanya untuk sekedar mengecek saja.

Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum Lewat Kode USSD

1. Lakukan panggilan telepon dengan kode *888*47

2. Pilih Cek Kartu dengan cara memasukan nomor urut yang sesuai dari daftar menu

3. Kemudian pilih menu Cek 4G

4. Selanjutnya akan muncul informasi mengenai status kartu yang digunakan saat ini

Selain metode panggilan telepon, kamu juga bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel untuk mengeceknya.

Lewat MyTelkomsel

1. Unduh aplikasi MyTelkomsel di Google Play Store atau Apple App Store

2. Masukan nomor kartu dan password yang diterima lewat SMS untuk bisa mendapatkan akses

3. Pada halaman utama akan terlihat simbol 4G Ready yang bisa diklik

4. Pada halaman selanjutnya akan terlihat kesiapan kamu dalam menggunakan jaringan 4G LTE baik itu dari sisi kartu SIM hingga smartphone.

Bagaimana Kalau SIM Belum 4G?

Kalau kartu SIM kamu belum mendukung jaringan 4G, maka satu-satunya cara hanya lah mendatangi graPARI Telkomsel terdekat untuk meminta ganti dengan kartu USIM. Hal ini dikarenakan ada komponen yang belum dimiliki oleh kartu SIM lama.

Oleh karena itu trik-trik seperti mengotak atik smartphone untuk bisa menggunakan jaringan 4G pastinya tidak akan berefek apa pun karena memang yang bermasalah terletak pada komponen kartu SIM yang belum bisa menerima sinyal jaringan 4G LTE.