Siapa sih yang tidak tahu tentang sistem operasi Android? Tentunya kita semua sudah mengetahui mengenai sistem operasi buatan Google tersebut. Sampai saat ini sistem operasi Android sudah diadopsi oleh banyak sekali perangkat, bahkan bisa mencapai jumlah milyaran perangkat.

Advertisement

Penggunaan sistem operasi Android pada banyak perangkat tersebut tidak hanya membuat Google puas, tetapi juga menimbulkan pekerjaan rumah, seperti misalnya fragmentasi versi di antara banyaknya perangkat yang berbeda yang menggunakan sistem operasi Android.

Nah, untuk mengatasi hal itu, Google kini tengah mengembangkan sebuah sistem operasi baru bernama Fuchsia. Nama tersebut memang terdengar masih asing. Hal itu wajar karena Google memang tidak mempublikasikan informasi tersebut.

Menariknya, entri baru yang terdapat di dalam Fuchsia Gerrit, source code management sistem operasi telah menambahkan patch baru untuk dukungan Kirin 970. Guna pengujian lebih lanjut, kode inti Fuchsia di-boot di smartphone Honor Play yang diotaki oleh Kirin 970.

Kabar tersebut tentu saja cukup mengejutkan, mengingat saat ini smartphone Google Pixel telah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon. Sedikit mengingat ke belakang, terakhir Google menggunakan chipset Kirin adalah saat mereka bekerjasama dengan Huawei untuk menggarap Nexus 6P. Hal itu tentu saja menimbulkan rumor yang mengatakan bahwa bisa jadi Google akan kembali menjalin kerjasama untuk menghadirkan smartphone baru, yang mungkin akan berjalan pada OS Fuchsia.

Jika sudah stabil nanti, OS Fuchsia tidak hanya akan menggantikan OS Android saja, melainkan juga akan menggantikan OS Chrome. Menarik untuk menanti kehadiran OS Fuchsia di kemudian hari. Kita tunggu saja perkembangan berita selanjutnya.

Sumber: PhoneArena