Mengubah emoji di perangkat Xiaomi memang berbeda dengan perangkat lainnya, berkat sistem khusus yang diberi nama MIUI (MI User Interface) yang diusung perangkat tersebut.

Advertisement

MIUI menjadi favorit banyak orang karena menawarkan berbagai macam kelebihan jika dibandingkan dengan sistem Android khusus lainnya. Bahkan per September 2018 ini, penggunanya naik hingga 224,4 juta.

Namun sayangnya, meskipun demikian, sistem ini tidak mendukung ganti emoji secara langsung di dalamnya. Oleh karena itu, pengguna perlu mengakalinya dengan sebagai berikut ini.

Cara Mengubah Emoji di Perangkat Xiaomi

1. Pertama-tama, pasang aplikasi FONT2MTZ yang bisa diunduh melalui halaman berikut ini

2. Selanjutnya, karena emoji tergantung pada jenis font yang digunakan, unduh font berformat .ttf yang memiliki emoji tertentu

3. Jika sudah, buka aplikasi FONT2MTZ

4. Masukan berbagai macam keterangan pada kolom yang disediakan

5. Klik tombol PICK FONT, lalu cari font .ttf yang tadi telah diunduh

6. Kemudian, ketuk tombol CREATE MTZ

Setelah prosesnya selesai, impor berkas berformat .mtz yang berhasil dibuat dan terapkan menggunakan MIUI Theme Manager

Sedangkan untuk menerapkan font, unduh aplikasi iFont dari Google Play Store. Melalui aplikasi iFont, ketuk tab MY dan masuk ke opsi Font Size. Selanjutnya, klik System Font dan terapkan font yang tadi telah diimpor. Anda mungkin juga akan diminta memuat ulang perangkat.

Selain menggunakan metode ini, kamu juga bisa menggunakan aplikasi MIUI Custom Font Installer yang bisa diunduh melalui Google Play Store untuk memasang font berformat .ttf ke dalam perangkat Xiaomi.

Namun perlu diperhatikan, tidak semua perangkat Xiaomi kompatibel dengan dua cara mengubah emoji di atas. Untuk kasus khusus ini, kamu bisa membuka akses root menggunakan Magisk Manager untuk melakukannya.

Namun karena hal ini sangat beresiko bagi perangkat, terutama bagi kamu yang masih awam, kami tidak akan menjelaskannya secara mendetail cara membuka akses root di perangkat Xiaomi.

Menariknya, bersamaan dengan memasang Magisk ke dalam perangkat, biasanya secara mendasar di dalamnya juga dilengkapi dengan font yang berisi emoji khusus, seperti emoji iOS salah satunya.