Google baru saja merilis statistik bulanan sistem operasi mobile buatannya. Tercatat, pada bulan Oktober 2018 ini nama Android 9 alias Pie memang belum masuk hitungan. Namun, Android Oreo alias Android 8 terus meningkat sejak bulan September 2018, sementara Nougat mulai merosot.

Advertisement

Ya! Hal ini terasa wajar karena tak sedikit pabrikan smartphone yang mulai memperbarui perangkat buatannya ke sistem operasi Android Oreo. Tak hanya itu, sejumlah pabrikan smartphone yang bersaing di segmen mid-range dan low-end juga telah mendorong Oreo naik secara bertahap.

Sekadar informasi tambahan, bahkan sebagai besar smartphone yang dirilis selama beberapa bulan belakangan ini datang dengan Android 8.1 atau 8.0. Hal inilah yang membuat Oreo terus mengalami peningkatan sehingga menggerus Android Nougat.

Versi Android lainnya, seperti Lollipop, Marsmallow, KitKat dan Jelly Bean seperti melayang-layang dengan angka persentase yang hampr sama. Memang ada penurunan pangsa pasar yang stabil, tetapi belum begitu berarti.

Satu hal yang perlu kalian perhatikan, versi Android dengan pangsa pasar kurang dari 0,1 persen tidak ditampilkan oleh Google. Selain itu, data-data ini dikumpulkan selama periode 7 hari yang berakhir pada tanggal 26 Oktober 2018 lalu.

Oleh karena itu, kemungkinan besar untuk Android Gingerbread tidak akan muncul pada statistik di bulan November atau Desember 2018. Seperti yang kita lihat, saat ini pangsa pasar Gingerbread hanya sebesar 0,2 persen dan diikuti Android Ice Cream Sandwich sebesar 0,3 persen.

Sumber: GSMArena