Saat memasang dan menggunakan aplikasi tertentu, tak jarang beberapa pengguna perangkat OPPO menjumpai tulisan Aksesibilitas pada bagian bar notifikasi di dalam perangkatnya.

Advertisement

Tulisan ini sebenarnya mengindikasikan bahwa beberapa aplikasi sedang menggunakan fitur Aksesibilitas. Bagi yang belum tahu, fitur ini merupakan fitur tambahan guna memberikan cara berinteraksi lain selain dengan menggunakan layar sentuh atau tampilan di layarnya.

Sebagai contohnya adalah Magnification Gestures, yang merupakan fitur Aksesibilitas yang bisa digunakan memperbesar ukuran layar dengan mengetuk dua atau tiga kali pada bagian tertentu, yang tentu bisa sangat membantu bagi kamu yang mengalami gangguan penglihatan.

Fitur ini tersedia di hampir semua versi Android dan semua tipe perangkat yang menggunakan sistem operasi tersebut. Termasuk juga di dalamnya adalah perangkat-perangkat buatan perusahaan OPPO yang sudah cukup banyak beredar di pasar Indonesia.

Oleh karena itu, jika pengguna OPPO memasang aplikasi yang membutuhkan salah satu fitur dari akses tambahan ini maka akan muncul tulisan Aksesibilitas di bar notifikasi di perangkat tersebut. Sehingga tak jarang memicu pertanyaan, bagaimana cara menghilangkannya?

Cara Menghilangkan Tulisan Aksesibilitas di Perangkat OPPO
  1. Buka Pengaturan, kemudian pilih Pengaturan tambahan
  2. Selanjutnya, masuk ke dalam opsi Bebas halangan
  3. Dalam halaman Bebas halangan, matikan opsi Maksimalkan gerakanSubtitleKlik Bila Kursor Berhenti BergerakTekan tombol daya mengakhiri panggilan, serta ubah Penunda sentuh dan tahan menjadi singkat
  4. Jika sudah, ada baiknya restart perangkat

Perlu diperhatikan, karena munculnya tulisan Aksesibilitas di bar notifikasi dikarenakan oleh aplikasi yang tentu saja bisa berbeda-beda tiap masing-masing pengguna, maka cara mengatasinya pun berbeda-beda.

Berbeda yang dimaksud di sini bukan berbeda langkahnya, tetapi berbeda opsi yang dimatikan.  Bisa jadi aktifnya tulisan Aksesibilitas di akibatkan oleh hidupnya salah satu opsi (tidak harus semua opsi) di dalam opsi Bebas halangan.

Dan bagi kamu yang telah mengikuti langkah-langkah di atas namun belum menemukan solusinya, kamu bisa menghapus aplikasi yang membutuhkan akses ke fitur Aksesibilitas tersebut, atau jika tidak tahu aplikasi yang dimaksud tersebut, langkah paling aman adalah dengan mengembalikan kondisi perangkat ke kondisi pabrikan (factory reset).