Sebagai media sosial berbasis gambar, Instagram adalah tempat yang cukup menarik untuk digunakan mengaktualisasikan diri, terutama yang berhubungan dengan foto dan video.

Advertisement

Platform jejaring sosial yang berada di bawah naungan Facebook Inc ini memiliki beberapa fitur yang cukup mumpuni, yang bisa digunakan untuk mengabadikan momen-momen menarik, berbagi cerita lewat gambar atau video, dan lain sebagainya.

Namun meski demikian, kamu tidak bisa asal-asalan jika ingin mempercantik tampilan feed di dalam akun Instagram yang kamu miliki. Kamu perlu memperhatikan beberapa hal, termasuk beberapa hal berikut di bawah ini.

Buat Tema Unggahan

Pertama, yang perlu kamu lakukan agar tampilan feed Instagram milikmu terlihat keren adalah kamu harus membuat tema unggahan. Hal ini perlu dilakukan agar tampilan feed di akunmu tidak terkesan acak-acakan.

Perlu diperhatikan, pembuatan tema yang dimaksud dalam hal ini bisa berupa pemilihan tone warna dominan, atau jenis konten yang ingin kamu bagikan. Sebagai contohnya, kamu bisa membuat feed akun Instagram milikmu dengan tema warna biru untuk setiap unggahan atau dengan tema konten seperti makanan, pakaian, gadget, dan lainya.

Edit Foto Sebelum Diunggah

Sebelum mengunggah foto atau video ke Instagram, ada baiknya kamu menggunakan beberapa aplikasi editor berikut ini untuk mempercantik tampilannya. Kamu bisa mengeditnya secara manual (mengatur Brightness, Contrast, Saturation, dan Sharpness) atau sekedar menggunakan filter di dalamnya.

Selain bisa digunakan untuk mempercantik hasil foto atau video yang akan diunggah, dengan mengeditnya kamu pun bisa membuat tampilan feed di akun Instagram milikmu memiliki tone warna yang setema, seperti vintage misalnya.

Unggah Dengan Format Grid

Selain mengedit gambar atau video untuk membuatnya semakin menarik, kamu pun bisa membuat tampilan feed untuk akunmu dengan format grid, beberapa foto yang jika digabungkan akan menjadi sebuah foto tunggal berukuran besar.

Untuk membuat foto berformat grid ini, kamu bisa memanfaatkan salah satu dari lima aplikasi berikut. Kamu bisa memilih format grid dengan ukuran 3×1 (untuk sebaris feed) atau 3×2 (untuk dua baris feed), atau pun 3×3 (untuk tiga baris feed).

Buat Jadwal Unggah Foto

Nah, setelah semua hal di atas telah kamu lakukan, kamu perlu membuat sebuah jadwal agar kamu terlihat konsisten dan membuat para penggemarmu menyadari feed yang kamu miliki. Tidak semua konten yang kamu dapatkan hari ini harus diunggah hari ini juga.

Bagi kamu yang ingin lebih mudah dalam membuat jadwal dan mengunggah konten sesuai dengan jadwal tersebut, kamu bisa menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi pihak ketiga berikut ini.