Snapchat saat ini sedang mengalami kemunduran pengguna yang cukup besar. Hal ini sudah terjadi selama beberapa tahun terakhir, dimana para penggunanya meninggalkan platform tersebut karena banyak hal.

Untuk itu, Snapchat pun mencari beberapa ide untuk mendatangkan pengguna baru ke platformmereka. Salah satu caranya adalah dengan menggandeng aplikasi bernama Hooked.

Kerjasama di antara kedua perusahaan ini pun cukup unik. Hooked yang merupakan pembuat aplikasi obrolan fiksi di ponsel diminta untuk membuat sebuah kisah fiksi ilmiah yang penuh dengan misteri dengan bumbu thrilleryang bernama “Dark Matter”.

Cerita ini mengambil latar belakang di Silicon Valley, dimana memiliki cerita mengenai seorang mahasiswa India-Amerika di Universitas Stanford yang menyelidiki kematian misterius saudara kembarnya. Diceritakan sang karakter utama memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan “Dark Matter”.

Para pengguna pun akan disuguhkan lima seri dari cerita ini. Pengguna dapat mulai membaca cerita tersebut pada Sabtu (26/10) hingga Selasa (30/10). Cerita ini pun akan diterjemahkan ke beberapa bahasa, yakni bahasa Arab, Spanyol, Prancis, Jerman, Portugis, dan Norwegia, seperti dikutip dari laman The Verge (27/10).

Upaya ini diharapkan dapat kembali menarik minat pengguna Snapchat, sembari mendapatkan keuntungan. Diketahui, saham Snap Inc turun 10 persen ke level terendah, yakni menjadi USD6 atau Rp91 ribu per saham.

Snapchat mengatakan pihaknya kini memiliki 186 juta pengguna aktif setiap hari selama kuartal ketiga. Jumlah itu menyusut dibanding kuartal sebelumnya.

Snapchat pada kuartal kedua melaporkan pengguna aktif harian mencapai 188 juta, dan 191 juta pada kuartal pertama 2018. Artinya kedua kuartal berturut-turut, pengguna Snapchat berkurang sebesar 5 juta pengguna aktif. Ini tentu menjadi pertanda negatif bagi perusahaan.