Nokia baru saja mengumumkan bahwa telah memperbarui perjanjian lisensi patennya dengan Samsung. Pasalnya perjanjian yang ada saat ini akan berakhir pada akhir 2018, sebagaimana ditandatangani lima tahun lalu. Jadi, Samsung akan terus melakukan pembayaran ke Nokia selama perjanjian.

Advertisement

Sayangnya periode kontrak baru ini belum diketahui jangka waktunya, karena semua ketentuan perjanjian tersebut bersifat rahasia antara kedua pihak. Namun diperkirakan kontrak ini akan diperpanjang hingga 2021 mendatang. Dilansir dari GSM Arena (25/10), menurut Chief Legal Officer Nokia, perjanjian kali ini bukan hanya lisensi yang mencakup paten smartphone tapi juga standar smartphone yang terkait jaringan 5G.

Samsung adalah pemimpin dalam industri smartphone dan telah menjadi pemegang lisensi Nokia selama bertahun-tahun. Kami senang telah mencapai kesepakatan untuk memperpanjang lisensi kami. Perjanjian ini menunjukkan kekuatan portofolio paten kami dan kepemimpinan kami dalam R & D dan perizinan untuk standar smartphone termasuk 5G,” kata Chief Legal Officer Nokia.

Selain Samsung, Nokia juga telah memiliki perjanjian lisensi paten dengan perusahaan besar lainnya. Misalnya dengan Huawei yang berkontribusi untuk menciptakan standar 5G untuk smartphoneterbaru perusahaan tersebut.