Baru-baru ini OPPO telah meluncurkan smartphone dengan sensor fingerprint dalam layar yang memiliki harga terjangkau, yakni K1. Selain itu, performa yang dihadirkan pun bisa dibilang bertenaga.

Advertisement

Secara kasat mata, OPPO K1 ini memiliki desain yang mirip dengan OPPO F9. Hal ini pun membuat banyak orang-orang bertanya-tanya sebenarnya smartphone mana yang paling tangguh di antara keduanya.

Untuk itu, bagi anda yang penasaran dengan perbandingan antara OPPO K1 dan OPPO F9 maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini :

Layar

OPPO K1 sendiri telah dilengkapi dengan layar Super AMOLED 6,4 inci. Sementara F9 telah dibekali dengan layar IPS 6,3 inci. Meskipun lebarnya sedikit berbeda, namun keduanya sama-sama memiliki resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel), poni berbentuk waterdrop, dan beraspek rasio 19,5:9 yang memenuhi bagian depannya.

Spesifikasi Hardware

Kedua smartphone ini sama-sama memiliki spesifikasi hardware yang hampir setara, mulai dari RAM dengan pilihan 4 GB atau 6 GB dan storage internal 64 GB. Namun OPPO K1 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 660 Octa-core. Sedangkan OPPO F9 memiliki chipset MediaTek Helio P60 Octa-core.

Kamera

Kedua smartphone ini sama-sama telah dilengkapi dengan dua kamera belakang 16 MP + 2 MP dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan instan. Sementara kamera depan keduanya pun sama-sama memiliki resolusi 25 MP dengan AI Beauty Recognition yang mampu menghasilkan foto selfie dengan wajah mulus.

Baterai

Bahkan OPPO K1 dan OPPO F9 pun sama-sama memiliki baterai dengan kapasitas yang mencapai 3500 mAh. Daya tahan baterai OPPO K1 lebih lama dibandingkan OPPO F9 karena chipset Snapdragon memang lebih efisien daripada milik MediaTek.

Sensor Fingerprint

OPPO melakukan inovasi pada smartphone terjangkaunya dengan menyematkan sensor fingerprint dalam layar pada OPPO K1. Sementara OPPO F9 hanya memiliki sensor fingeprint di bagian belakangnya.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama telah dibekali dengan WiFi, Bluetooth, GPS, port microUSB 2.0, dan ColorOS 5.2 berbasiskan Android 8.1 Oreo. Dengan kata lain kedua smartphone ini hampir memiliki fitur yang sama.

Harga

OPPO K1 dijual dengan harga yang mencapai Rp 3,5 juta untuk varian RAM 4 GB dan Rp 3,9 juta untuk varian RAM 6 GB. Sementara OPPO F9 dijual dengan harga yang mencapai Rp 4,3 juta untuk varian RAM 4 GB dan Rp 5,2 juta untuk varian RAM 6 GB.

Kesimpulan

Dengan performa, spesifikasi hardware, harga, daya tahan baterai, dan sensor fingerprint yang ditawarkan maka OPPO K1 menjadi juaranya. Sementara baru OPPO F9 saja yang hadir secara resmi di Indonesia.