Siapa diantara kalian yang saat ini telah menggunakan Android Oreo? Walaupun saat ini Android telah meluncurkan versi terbaru dari sistem operasinya, yaitu Android Pie, nampaknya kecanggihan sistem operasi Android Oreo juga masih tidak kalah jika kita bisa memanfaatkannya secara maksimal.

Advertisement

Lalu bagaimana cara memaksimalkannya? Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tips yang dapat kalian gunakan untuk memaksimalkan kinerja dari Android Oreo. Mari simak bersama-sama:

Gunakan Smart Text Selection untuk melakukan copy-paste dengan mudah

Android Oreo memiliki fitur Smart Text Selection, dimana menggunakan fitur ini perangkat dapat dengan cepat mengenali konteks dari apa yang sedang disalin. Secara sederhana, ketika kita memblock sebuah teks, baik itu adalah alamat, nomor telepon, email atau nama, maka Android Oreo akan menawarkan sebuah pintasan yang relevan sesuai dengan teks yang kita block.

Autofill memudahkan pengisian berbagai formulir

Capek mengisi setiap form secara berulang-ulang? Pada Android Oreo, hal tersebut tidak perlu lagi dilakukan. Pasalnya dengan menggunakan fitur Autofill yang dimiliki Android Oreo, kita dapat menyimpan beberapa informasi pribadi, dan mengisi secara otomatis formulir yang serupa dengan data tersebut.

Manfaatkan fitur Snoozed Notification untuk menunda pemberitahuan

Melalui fitur Snoozed Notification ini kalian dapat menghapus notifikasi ketika sedang berada di keadaan yang sibuk dan memunculkannya kembali di kemudian waktu. Dengan begitu kalian tidak akan terganggu dengan banyaknya notifikasi, namun tetap bisa melihatnya ktika sedang memiliki waktu senggang. Fitur yang cukup berguna bukan?

Untuk menggunakan fitur ini, cukup geser notifikasi ke samping, namun tidak sepenuhnya. Nanti akan muncul ikon jam kecil serta gear yang berguna untuk masuk ke pengaturan dan menonaktifkan notifikasi untuk aplikasi tersebut.

JUntuk menunda notifikasi, pilih ikon jam dan selanjutnya atur berapa lama notifikasi tersebut akan tertunda.

Kosongkan penyimpanan Android-mu dengan fitur Free up Space

Fitur satu ini tentunya snagat berguna bagi kalian yang memiliki ruang penyimpanan yang cukup terbats. Dengan menggunakan fitur Free up Space ini, maka kalian bisa mengkosongkan ruang penyimpanan yang ada pada smartphone dengan sangat mudah.

Ketika mengaktifkan fitur ini, maka sistem akan segera melakukan pemindaian file dan akan menghapus aplikasi yang telah lama tidak digunakan, foto ganda, foto yang telah terbackup dan masih banyak lagi.

Namun tak perlu khawatir bahwa file tersebut akan langsung dihapus begitu saja. Kalian masih bisa memilah mana-mana saja yang akan dihapus dalam menu tersebut.

Nah itulah beberapa fitur yang bisa kalian gunakan untuk memaksimalkan kerja dari Android Oreo. Sudah mencoba salah satunya?