iPhone XS dan XS jadi primadona saat peluncuran iPhone terbaru di Apple Event. iPhone XS dan XS Max hadir dalam layar berpanel OLED.

Advertisement

Selain didukung layar itu, fitur yang paling dibanggakan Apple dari iPhone XS dan XS Max adalah kemampuan untuk menyesuaikan Depth of Field (DOF) setelah mengambil foto.

Sistem ini mirip dengan kamera canggih Lytro, di mana pengguna dapat menyesuaikan titik fokus setelah foto diambil.

Dilaporkan Mac Rumors, Apple akan menambahkan fitur baru untuk kontrol DOF yang lebih baik. Fitur ini membuat pengguna akan dapat menyesuaikan DOF saat mereka menyusun gambar, sehingga mereka dapat memutuskan apa yang paling baik sebelum mengambil gambar.

Sebelumnya untuk menyesuaikan aperture kamera iPhone, pengguna harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan manfaat DOF tersebut.

Tentu saja foto masih dapat diedit setelah diambil, tetapi memungkinkan penyesuaian sebelum membuat seluruh proses lebih fleksibel. Fitur baru tersebut pertama kali terlihat dalam sistem operasi terbaru milik Apple, yakni iOS 12.1 versi beta.

Sebagai informasi Depth Control bekerja di aplikasi Camera dalam mode Portrait.Kegunaan utamanya adalah mengatur Aperture dari foto yang akan diambil atau sudah diambil dan mendapatkan efek Bokeh sesuai kebutuhan.

Hingga saat ini masih belum diketahui kapan fitur tersebut dirilis. Meskipun demikian, sudah muncul dalam iOS 12.1 versi beta.