Perangkat Apple Watch Series 4 menggunakan sensor detak jantung yang didesain untuk menjalankan Elektrokardiogram (ECG), tes aktivitas listrik pada jantung seperti detak dan iramanya. Namun ternyata fitur ini belum siap untuk digunakan pada saat rilis dalam waktu dekat. Bahkan dari sumber berita yang saya dapatkan, Apple Watch Series 4 yang mendukung Elektrokardiogram hanya produk yang dijual untuk wilayah Amerika Serikat saja.

Advertisement

Dikutip dari laman Apple Newsroom, fitur Elektrokardiogram baru akan tersedia di akhir tahun 2018. Setelah dicek lebih lanjut oleh beberapa pengguna, fitur Elektrokardiogram juga hanya dijelaskan oleh Apple pada laman Apple.com/Watch pada regional Amerika Serikat. Laman Apple.com untuk pengguna di Inggris dan Kanada contohnya, tidak menemukan catatan apapun seputar mode Elektrokardiogram di perangkat Apple Watch Series 4.

Bagaimana cara kerja fitur Elektrokardiogram di Apple Watch Series 4? Ada beberapa kunci utama untuk menjalankan fitur ini yaitu sensor detak jantung di bagian bawah Apple Watch yang menempel di tangan, elektroda di bagian Digital Crown dan sentuhan tangan pengguna.

Cara menggunakan fitur Elektrokardiogram adalah tempelkan jari di bagian Digital Crown selama 30 detik sembari membuka aplikasi ECG dari Apple. Setelah itu Apple Watch akan menampilkan hasil pemindaian tersebut di layar dan tersimpan secara otomatis di aplikasi Heatlh. Dalam penjelasannya di Apple Event, datar Health tersebut dapat kamu cek secara berkala atau dikirimkan kepada dokter pribadi kamu untuk dianalisa secara lebih lanjut jika diperlukan.

Mungkin bagi sebagian orang fitur ini terdengar sederhana, namun ini adalah bukti nyata dari Apple untuk kepeduliannya pada fitur pemantau kesehatan pengguna. Bahkan teknologi Elektrokardiogram dari Apple Watch Series 4 kabarnya sudah diakui oleh FDA (Food and Drug Administration) di Amerika Serikat dalam level De Novo classification.