Perangkat-perangkat Oppo biasanya hadir dengan sistem ColorOS di dalamnya. Dan hampir sama dengan MIUI dari Xiaomi, sistem yang menjadi andalan Oppo ini menawarkan beragam fitur tambahan.

Advertisement

Salah satunya adalah fitur Screen Recording, yang dapat memudahkan para penggunanya untuk merekam aktivitas layar, sehingga mereka dapat berbagi berbagai macam hal, seperti tutorial menggunakan aplikasi, mengatur perangkat, hingga gameplay permainan.

Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara menggunakan fitur ini, kamu dapat mengikuti langkah-langkah mengenai penjelasan bagaimana cara merekam layar di ponsel Oppo berikut ini.

Cara Merekam Layar di Ponsel Oppo Tanpa Aplikasi
  1. Pertama-tama, kamu perlu membuka Settings di perangkat Oppo yang kamu miliki
  2. Selanjutnya, cari dan pilih opsi Screen Recording
  3. Setelah halaman Screen Recording terbuka, ketuk opsi Record Screen Taps hingga slider berubah ke posisi hidup

Kemudian, untuk menggunakan fitur dari ColorOS ini, kamu hanya perlu membuka panel quick settings dengan menarik bar notifikasi ke bawah. Setelah itu, kamu bisa memilih opsi Start Screen Recording (ikon bergambar kamera video).

Jika opsi Start Screen Recording belum muncul, kamu dapat menekan tombol panah (mirip huruf v) di bagian bawah quick settings tapi di atas notifikasi-notifikasi yang muncul, untuk memperluas pilihan yang ada di panel tersebut.

Akan muncul lingkaran melayang, yang ada teks berupa hitungan angka mundur, tanda layar akan segera direkam. Jika tombol tersebut berubah menjadi tanda Stop (ikon kotak) atau di panel notifikasi muncul opsi Screen Recording, maka tandanya proses perekaman layar telah dimulai.

Kamu dapat menghentikan proses rekaman layar dengan mengetuk tanda Stop yang melayang di layar atau mengetuk opsi Screen Recording yang muncul di panel notifikasi (dengan menarik bar notifikasi seperti sebelumnya).

Perlu diperhatikan, kamu hanya dapat merekam layar dengan durasi maksimal sampai dengan 30 menit atau saat ukuran datanya telah mencapai 2GB. Selepas itu fitur ini akan otomatis berhenti dan menyimpan hasilnya di perangkat.

Selain itu, proses rekaman layar juga akan berhenti dan hasilnya secara otomatis tersimpan, saat kamu mematikan layar, baik dengan menekan tombol power dari perangkat ataupun saat menggunakan aksi lainnya.

Sebagai catatan, fitur ini tersedia pada ColorOS terutama pada versi terbaru. Jika di perangkat kamu belum ada, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga, yang tentunya sama mudah dengan fitur bawaan ColorOS untuk digunakan.