Anda pengguna iMessage ? Pernahkah Anda mencoba mengganti nomor iMessage ? Ketika Anda mengganti nomor ponsel di iMessage, baik dengan operator yang sama ataupun berbeda, iMessage akan meminta registrasi ulang sebelum Anda bisa menggunakan nomor baru tersebut.

Advertisement

Meski terdengar sederhana tetapi beberapa pengguna iPhone mengalami masalah saat melakukan registrasi ulang. Kini Anda tak perlu khawatir, karena ada tips mengubah nomor ponsel di iMessage. Yuk simak ulasannya.

1. Nonaktifkan iMessage

Pertama, nonaktifkan iMessage terlebih dulu. Caranya cukup mudah, buka menu Settings, lalu scroll ke bawah lalu tap pada opsi Messages dan pilih untuk mematikan iMessage. Hal ini perlu dilakukan agar Anda bisa menerima notifikasi SMS untuk iMessage, yakni menginformasikan Apple tentang nomor baru yang Anda pakai.

2. Matikan iPhone

Matikan iPhone Anda, lalu tunggu beberapa saat, kemudian nyalakan kembali.

3. Edit Detil di nomor ponsel

Edit detil di nomor ponsel Anda. Setelah itu, periksa apakah detil Phone Number Anda telah terisi nomor baru. Untuk lebih memastikannya, silakan buka Settings lalu pilih Phone, pastikan My Number menunjukkan nomor baru yang Anda pakai.

Jika belum, silakan edit terlebih dulu. Selain itu, Anda juga perlu mengatur waktu dan tanggal di iPhone ke mode otomatis. Caranya buka Settings > General > Date & Time.

4. Kembali aktifkan iMessage

Selanjutnya, aktifkan kembali iMessage Anda. Kemudian server Apple akan menerima pesan dan akan mengubah nomor ponsel iMessage ke nomor baru yang Anda gunakan.

5. Pastikan nomor yang diganti berhasil

Terakhir, akses menu Send & Receive di iMessage. Di Send & Receive, pastikan nomor baru Anda akan terlihat abu-abu. Jika yang muncul adalah nomor lama dan area terihat kosong maka bisa dipastikan ada proses yang salah atau ada yang terlewat.

Maka Anda perlu mengulang langkah di atas. Jika nomor iMessage telah berhasil Anda ubah, Anda perlu mereset hal yang sama di perangkat iOS lain yang Anda miliki untuk memastikan semuanya sudah ter-update dengan benar.