Sistem operasi iOS 11 masih banyak diadopsi pengguna iPhone. Terbukti iOS 11 masih bertengger dalam tingkat adopsi hingga 85%.

Meskipun demikian, beberapa bulan terakhir adopsi itu sedikit melambat dan berada di angka penyerapan 81% pada 31 Mei 2018.

Padahal saat ini Apple ltengah menguji sistem operasi iOS terbarunya, yakni iOS 12 dalam versi beta. Kabar terbaru menyebutkan jika pembaruan tersebut akan datang dalam waktu dekat, yakni 12 September 2018.

Seperti dilaporkan MacRumors, sistem operasi memang selalu mengalami pengembangan seiring berjalan waktu, namun tidak menampik jika beberapa pengguna iPhone masih menggunakan sistem yang lebih tua.

Seperti halnya saat iOS 11 datang, masih ada sekira 10% perangkat iOS yang berjalan di iOS 10, dan 5% sisanya berjalan di build yang lebih tua.

Menilik lebih dalam, hal tersebut cukup menjadi pertanyaan besar. Namun hanya akan ada dua kemungkinan, bahwa ada beberapa yang bertahan untuk mengadopsi versi terbaru dan memilih untuk menunggu iOS 12.

Disebutkan iOS 12 mengalami peningkatan. Peningkatan performa yang dimaksud mencakup klaim kinerja kamera 70 persen lebih cepat dan keyboard yang lebih reponsif 50 persen, sementara peluncuran aplikasi disebut lebih kencang 40 persen.

Selain peningkatan kinerja, Apple turut membawa serta sejumlah fitur baru untuk iOS 12. Misalnya ARKit di mana banyak orang bisa berada di lingkungan virtual yang sama, entah untuk berkreasi atau bermain bersama.

Ada juga Memoji berupa emoji baru yang tampilannya bisa diubah-ubah sesuai keinginan pengguna, kemampuan menambah shortcut untuk aneka action Siri, video conference Face Time hingga 32 orang sekaligus, dan fitur search baru untuk mempermudah pencarian foto.