Kejutan kembali diperlihatkan oleh Motorola dengan meluncurkan dua smartphone baru yang ditujukan untuk pasar kelas menengah. Kedua smartphone tersebut adalah Motorola One dan Motorola One Power yang kehadirannya diumumkan lewat blog dan juga situs resminya.

Advertisement

Penasaran dengan spesifikasi hardware yang dibenamkan? Motorola One dikemas dengan panel layar FullHD+ berukuran 5,9 inci. Aspek rasio smartphone ini juga sudah tampil kekinian, yakni 19:9 dan ada poni di bagian atas layarnya.

Sedangkan pada panel bagian belakangnya, smartphone ini dikemas dengan material kaca. Ada dukungan dual-camera dan juga pemindai sidik jari. Sensor utama dari dual-camera ini adalah 13 MP. Sayangnya, untuk sensor sekundernya belum diketahui. Sedangkan untuk kamera depannya 8 MP.

Disebutkan juga, smartphone ini telah dibekali dengan chipset Snapdragon 625. Sementara itu, situs Amazon di Spanyol turut mengungkapkan bahwa Motorola One memiliki RAM sebesar 4 GB yang dipadukan storage berkapasitas 64 GB dan baterai 3.000 mAh.

Berbeda dengan Motorola One, Motorola One Power adalah smartphone yang memiliki ukuran layar sedikit lebih besar. Smartphone ini datang dengan layar FullHD+ berukuran 6,2 inci. Juga memiliki poni dan aspek rasionya sama dengan Motorola One, yakni 19:9.

Smartphone ini dipacu dengan otak Snapdragon 636 yang dipadukan storage berkapasitas 64 GB. Sayangnya tak disebutkan ukuran RAM yang disematkan, begitu juga dukungan baterainya. Namun bisa diduga, baterai yang disematkan memiliki kemampuan bertahan hingga seharian.

Lantas, apa yang menjadi daya tarik dari kedua smartphone ini jika hanya berbeda ukuran layar dan otaknya? Motorola menempatkan Motorola One dan Motorola One Power ke dalam Android One. Tentu saja menarik karena keduanya bakal dijanjikan untuk mendapatkan update Android 9 Pie lebih cepat.

Soal harga dan ketersediaan, disebutkan bahwa Motorola One akan dijual seharga € 299 atau sekitar Rp5 jutaan dan tersedia beberapa bulan mendatang di wilayah Eropa, Amerika Latin dan Asia Pasifik. Sedangkan One Power harganya masih dirahasiakan dan akan dijual mulai Oktober 2018 di India.

Kita berharap, Motorola juga mau membawa dua smartphone ini ke pasar Indonesia. Dengan begitu, persaingan di kelas menengah yang membawa “Android One” jadinya semakin seru. Pasalnya, Xiaomi juga menjanjikan untuk memboyong Mi A2 ke Indonesia yang juga datang sebagai smartphone Android One.