Stiker adalah salah satu cara baru dalam berkomunikasi, terutama untuk menyesuaikan diri dengan aplikasi pesan instan. Stiker awal dipopulerkan oleh LINE. Sudah cukup banyak aplikasi pesan instan yang memiliki fitur stikernya sendiri, seperti BBM. Namun, ada satu aplikasi pesan instan yang tidak (belum) memiliki fitur stiker, yaitu WhatsApp.

Advertisement

Jika Anda ingin menggunakan stiker di WhatsApp, Anda dapat menggunakan aplikasi keyboard bernama SwiftKey.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Buka percakapan di WhatsApp atau pesan instan lainnya. Kemudian stiker logo sentuh pada SwiftKey Keyboard. Untuk menggunakan fitur ini, periksa SwiftKey kamu sudah yang versi terbaru ya.

2. Jika Anda belum pernah menggunakan fitur stiker di SwiftKey, maka Anda harus mengunduh dulu paket stiker yang ingin digunakan. Kamu bisa mengunduh 1, 2, atau seluruh paket yang ada di SwiftKey, cara mengunduhnya adalah dengan menggunakan tombol di paket yang diinginkan.

3. Lalu akan muncul berapa banyak data yang diperlukan untuk mengunduh paket-paket tersebut. Sentuh saja “Gunakan Data” untuk lebih lanjut stiker tersebut.

4. Jika sudah terdownload, selanjutnya kamu bisa memilih stiker mana yang ingin kamu kirim.

5. Tombol berwarna untuk mengirim stiker ke obrolan WhatsApp atau aplikasi pesan instan lainnya.

6. Selesai. Kini stiker pilihan Anda akan terkirim.

7. Selamat menikmati.

Sangat mudah bukan?

Cara ini bisa kamu menggunakan agar chat di aplikasi pesan instan jadi lebih seru. Aplikasi pesan instan yang belum memiliki fitur stiker sendiri, seperti WhatsApp misalnya.

Selamat mencoba.