Setiap smartphone, baik yang memiliki harga yang mahal ataupun yang murah, pasti memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda. Padahal nomor IMEI memiliki fungsi yang sangat bergua. Lalu sebenarnya apakah nomor IMEI itu? Bagaimana cara mengakses nomor IMEI?

Advertisement

Nah, guna menjawab segala pertanyaan terkait nomor IMEI, kali ini saya akan memberikan berbagai penjelasan mengenai IMEI. Mari simak bersama-sama!

Apakah Nomor IMEI itu?

IMEI sendiri merupakan singkatan dariĀ International Mobile Equipment Identity. Melalui singkatan tersebut, dapat diketahui bahwa IMEI merupakan sebuah kode nomor yang dapat menunjukkan pembuat dan model dari ponsel tersebut. Secara sederhana, IMEI ini serupa dengan NIK pada Kartu Tanda Penduduk (KTP). Bagi operator seluler, kode nomor yang terdiri dari 15 hingga 16 digit ini juga memiliki fungsi untuk mendeteksi perangkat yang terdaftar dalam jaringan mereka.

Nomor IMEI pada Android

Nomor IMEI pada sebuah smartphone dapat diketahui dengan cara yang cukup mudah. Di perangkat Android, informasi terkait IMEI dapat diakses melalui menuĀ Settings – About Phone- Status. Pengguna juga bisa mengakses nomor IMEI ini dengan mengetikkan kode *#06#.

Di beberapa produsen smartphone, mereka juga menyematkan nomor IMEI tersebut dalam paket smartphone yang kita miliki, bisa di bodi smartphone, dalam bentuk stiker ataupun di kotak kemasan produknya.

Nomor IMEI pada iPhone

Sama seperti di Android, pengguna juga bisa mengakses nomor IMEI di iPhone bisa dengan mengetik *#06#. Nomor IMEI pada iPhone juga dapat dilihat pada bagian belakang bodi perangkat iPhone, pada iTunes, pada opsi About ataupun di kotak kemasan perangkat.

Lalu, Apakah Fungsi IMEI?

tanpa disadari, nomor IMEI memiliki beberapa manfaat yang cukup berguna. Selain bisa digunakan untuk melacak smartphone tersebut ketika hilang, nomor IMEI juga dapat digunakan untuk memblokir atau mengunci perangkat sementara waktu ketika berada di tangan orang yang tidak bertanggung jawab.