Sering berkirim pesan menggunakan voice note di WhatsApp? Atau mungkin sering membagikan lagu dengan menggunakan video call? Tahukah kalian bahwa voice note dari WhatsApp ini bisa disimpan ke dalam format MP3 loh. Sehingga nantinya kalian dapat dengan lebih mudah untuk menyimpan rekaman tersebut.

Advertisement

Ingin tahu bagaimana cara merubah voice note WhatsApp menjadi format MP3? Mari simak bersama-sama!

Cara Menyimpan Voice Note Whatsapp ke dalam Format MP3

Cara menyimpan audio di Whatsapp ini sebenarnya sangatlah mudah. Bagi kalian yang belum tahu, sebenarnya pesan suara yang ada di WhatsApp akan secara otomatis tersimpan di dalam ruang penyimpanan smartphone.

Langkah 1: Letak Penyimpanan Voice Note pada WhatsApp

Karena voice note tersimpan secara otomatis, maka kita tinggal mencari dimana keberadaan voice note tersebut.

Jika digali lebih dalam, kita dapat menemukan voice note WhatsApp di dalam direktori: Internal Storage – WhatsApp – Media – WhatsApp Voice Notes. Selanjutnya tinggal mencari pada tanggal berapa voice note tersebut tersimpan. Voice note dari WhatsApp sendiri memiliki format . opus. Sayangnya format ini tidak bisa diputar melalui music player kita. Oleh karena itu langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah merubah format .opus menjadi .MP3.

Langkah 2: Merubah File Voice Note Whatsapp menjadi MP3

Untuk melakukan langkah ini, sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa apikasi Opus To Mp3 Converter sudah terinstall di smartphone kalian.

Selanjutnya pilih opsi Convert to MP3 untuk memulai proses konversi voice note menjadi MP3. Berikan nama dan tentukan lokasi penyimpanan file hasil konversi. Tunggu sampai proses konversi selesai.

Nah, itulah cara menyimpan voice note WhatsApp ke dalam format MP3. Mudah bukan? Sudahkah kalian mencobaya?