Tips & trik

Cara Ganti Alamat Email Di Apple ID

Apple ID adalah akun yang harus dimiliki oleh setiap pengguna produk Apple. Mulai dari belanja di App Store, iTunes Store, membuat akun iCloud dan lain sebagainya. Setiap Apple ID dibuat menggunakan sebuah email (Yahoo, GMail atau lainnya) yang sudah kamu miliki sebelumnya. Mungkin dalam keadaan tertentu, kamu ingin mengganti Apple ID yang digunakan ke alamat email lain? Berikut ini panduan yang dapat dilakukan:

Persiapan Ganti Email yang Terhubung ke Apple ID

Pastikan kamu sudah logout atau mengeluarkan semua perangkat iOS dan macOS yang digunakan dengan Apple ID tersebut sebelum melakukan proses ganti email. Jika proses mengganti email yang terhubung ke Apple ID kamu lakukan di perangkati iOS, biarkan akun tersebut tetap digunakan di perangkat tersebut saja.

Pastikan juga kamu sudah membuat email yang akan digunakan untuk memindahkan data akun Apple ID. Bisa dari Yahoo, Google atau gunakan @icloud.com dari Apple jika diperlukan. Harap dicatat, proses ganti email ini tidak bisa diulang atau kembali ke email lama jika sudah selesai.

1. Cara Ganti Email yang Terhubung ke Apple ID Lewat iOS 10.3 atau Lebih Baru

  1. Masuk ke Settings – Profile (bagian paling atas) – Name, Phone Numbers, Email.
  2. Masuk ke Reachable At – Edit. Hapus Apple ID lama yang ada di bagian tersebut.
  3. Tekan Continue, masukkan Apple ID baru yang akan kamu gunakan. Silakan ikuti beberapa pengaturan berikutnya dan lakukan proses verifikasi di email baru yang kamu gunakan.

  1. Masuk ke website appleid.apple.com.
  2. Akses bagian Account – Edit.
  3. Di bawah bagian Apple ID, pilih Change Apple ID.
  4. Masukkan Apple ID baru yang ingin kamu gunakan.
  5. Tekan Continue dan lakukan proses verifikasi yang diperlukan pada email baru tersebut.

Setelah selesai mengganti email yang terhubung ke Apple ID, silakan kembali login ke semua perangkat Apple yang kamu gunakan. Semua data pembelian, catatan data di iCloud dan sebagainya tetap tersedia seperti sebelumnya. Cara ini biasa dilakukan jika kamu ingin “pensiun” dari sebuah akun email lama yang tidak akan lagi digunakan dalam waktu berikutnya. Misalkan karena faktor keamanan atau mungkin email perusahaan tempat kamu bekerja yang segera dinonaktifkan.

To Top