Sering merasa jaringan internet yang kalian miliki lemot? Sebenarnya berapa sih kecepatan rata-rata jaringan internet dari provider yang kalian gunakan?

Advertisement

Belum lama ini OpenSignal telah mempublikasikan laporan semester pertama mereka di tahun 2018 mengenai kondisi jaringan seluler yang ada di Indonesia.

Berdasarkan laporan yang dipublikasikannya, disebutkan bahwa terhitung pada Juni 2018 Telkomsel masih menjadi penyedia jasa seluler yang mendominasi di Indonesia. Meski begitu, beberapa penyedia jasal seluler lainnya seperti Smartfren mulai merengsek masuk memberikan tekanan terhadap Telkomsel.

Dapat dilihat pada gambar, bahwa Telkomsel berhasil mengungguli para kompetitornya terkait kecepatan pengunduhan 4G, kecepatan pengunduhan 3G, kecepatan pengunggahan 4G, Latency 4G serta Latency 3G. Sedangkan 2 penghargaan lainnya, yaitu kecepetan pengunduhan keseluruhan serta ketersediaan 4G dissabet oleh provider Smartfren.

Jika melihat pada kinerja regional dari setiap provider, dapat terlihat pula bahwa Telkomsel masih menjadi pemenang pada banyak regional, disusul oleh Smartfren pada posisi kedua.

Meski demikian, kecepatan download rata-rata Telkomsel sejatinya menurun dibandingkan laporan semester kedua 2017 yang mencapai 14,6 Mbps. Bahkan, jika dilihat secara keseluruhan (3G dan 4G), kecepatan download Telkomsel hanya 8,4 Mbps atau kalah dari Smartfren.

Sementara itu, Smartfren menunjukkan pertumbuhan kecepatan internet yang signifikan. Untuk kecepatan download 4G LTE dan gabungan dengan 3G, peningkatannya mencapai 44 persen yakni dari 6,8 Mbps menjadi 9,8 Mbps.

Untuk lebih detiln, berikut ini adalah urutan operator dengan kecepatan internet 4G terbaik:

Kecepatan Download

  1. Telkomsel (12,9 Mbps)
  2. Smartfren (9,8 Mbps)
  3. XL Axiata (8,9 Mbps)
  4. Indosat Ooredoo (4,8 Mbps)
  5. Hutchison 3 (4,6 Mbps

Kecepatan Upload

  1. Telkomsel (7,3 Mbps)
  2. XL Axiata (5,1 Mbps)
  3. Hutchison 3 (3,8 Mbps)
  4. Indosat Ooredoo (3,2 Mbps)
  5. Smartfren (2,7 Mbps)

Untuk kecepatan internet keseluruhan (3G dan 4G) dari sektor download, berikut urutannya.

  1. Smartfren (9,8 Mbps)
  2. Telkomsel (8,4 Mbps)
  3. XL Axiata (6,1 Mbps)
  4. Hutchison 3 (3,8 Mbps)
  5. Indosat Ooredoo (3,2 Mbps)

Laporan lebih lengkap dapat diakses melalui laman berikut ini.