Tips & trik

Tips Cegah Penipuan Tiket Piala Dunia 2018 ala Kaspersky

Menyambut ajang piala dunia 2018, para ahli Ahli Kaspersky Lab menemukan email phishing dari para pelaku penjahat cyber. Email pishing tersebut menawarkan tiket tamu untuk menonton FIFA World Cup 2018.

Namun harga yang ditawarkan berkalilipat dari aslinya. Beberapa tiket ditawarkan mencapai sepuluh kali lipat dibandingkan harga asli.

Kemungkinan besar tiket tidak dapat digunakan karena ketatnya pendaftaran dan prosedur pindah tangan. Tak hanya mendapatkan uang, para penipu ini mengambil data pribadi pengguna, termasuk informasi pembayaran.

Para korban menerima email yang menyerupai email resmi dari pihak penyelenggara Piala Dunia 2018.

Selanjutnya pelaku penipuan menyiapkan ratusan domain yang dilengkapi berbagai kata kunci berhubungan dengan Piala Dunia dengan iming-iming menjual tiket tamu. Tiket yang ditawarkan dinaikkan harganya menjadi dua kali lipat, bahkan sampai 10 kali lebih mahal dari harga aslinya.

Dengan syarat pembayaran penuh di depan, tidak ada jaminan penipu akan mengirimkan tiketnya, tidak ada jaminan tiket akan dapat digunakan untuk masuk stadion atau tidak ada jaminan keaslian tiket tersebut.

Satu hal yang pasti adalah informasi pembayaran yang digunakan saat membeli tiket, bisa dimanfaatkan untuk pencurian uang di masa mendatang.

“Menurut penelitian kami, ada risiko nyata bahwa pengguna mengeluarkan banyak uang tanpa mendapatkan hasil apapun. Dengan pengumpulan data pribadi, selanjutnya bisa dimanfaatkan oleh pelaku untuk melakukan pencurian uang. Kami mengingatkan para fans sepak bola untuk ekstra waspada dan cerdas saat melakukan pembelian tiket. Sebaiknya jangan tergiur dengan email tersebut,”  ucap Andrey Kostin, Senior Web-Content Analyst di Kaspersky Lab melalui keterangan tertulisnya.

Andrey menegaskan bahwa satu – satunya cara untuk mendapatkan tiket yang asli adalah dengan membeli official.

Untuk memastikan pengguna tidak menjadi korban penipuan jenis ini, sistem anti-phishing Kaspersky Lab mendeteksi dan memblokir email dan situs web yang diduga palsu. Kaspersky juga memberikan tips untuk mencegah penipuan ini. Berikut ulasannya.

  • Belilah tiket dari sumber resmi dan selalu periksa kembali alamat situs dan tautan yang ingin Anda kunjungi.
  • Jangan klik tautan dalam email, pesan instan atau posting media sosial jika berasal dari pihak yang tidak dikenal dan mencurigakan.
  • Gunakan kartu dan rekening bank terpisah dengan jumlah uang terbatas.
  • De-risk data. Lebih baik menginstal solusi keamanan handal yang dilengkapi dengan database situs phishing dan berbahaya.

Comments
To Top