Seminggu setelah kehadiran pembaruan iOS 11.4 untuk pengguna umum, Apple menutup jalur pembaruan ke iOS 11.3.1. Pengguna perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch yang mendukung iOS 11 hanya bisa melakukan pembaruan atau Restore via iTunes ke iOS 11.4.

Advertisement

Menurut 9to5mac, penutupan jalur pembaruan ke iOS versi lawas memang tradisi bagi Apple. Apple mendorong pengguna supaya segera mengunduh pembaruan iOS 11 terbaru yang lebih aman dan stabil. Apple juga mencegah tools Jailbreak untuk iOS versi sebelumnya yang konon segera rilis.

Pada 29 Mei 2018, Apple secara resmi merilis pembaruan iOS versi 11.4 dengan menghadirkan dukungan audio multi-room seperti yang banyak diprediksi sebelumnya. Pembaruan tersebut memungkinkan untuk pairing stereo Apple TV dan HomePod.

Dengan  dukungan multi-room, pengguna dapat memutar musik yang sama secara bersamaan di beberapa HomePods atau Apple TV di ruangan yang berbeda.

Pengguna bisa pula meminta Siri untuk memutar  lagu yang diperintahkan dari perangkat yang terpasang di kamar tidur atau ruang tamu.

Berkat AirPlay 2, pengguna bisa menambahkan speaker yang didukung ke aplikasi Home untuk digunakan bersama HomePod. Stereo pairing memungkinkan Anda pengguna untuk memutar melalui HomePods secara simultan.

Dan menariknya, Apple telah mengembangkan algoritma untuk menghasilkan suara yang seimbang. Selain itu, Apple bisa meminta Siri untuk membuat janji di fitur kalender. Pembaruan juga membawa fitur baru iMessage, di mana pengguna bisa memintanya membacakan pesan yang masuk.

Dukungan audio multi-room maupun stereo pairing adalah fitur yang telah lama dimiliki oleh Google Home dan Amazon Alexa. Bagi Apple, fitur tersebut dinilai penting untuk mengembangkan perangkat pintar seperti HomePod dan Apple TV.

Sumber:  9to5mac