Video blog (Vlog) semakin trend saat ini. Ini didukung dengan beragam aplikasi, gadget dan platform yang memudahkan para vlogger dalam membuat konten video. YouTube menjadi platform yang digunakan sebagai media bagai para vlogger dalam mengekspresikan karyanya.

Aplikasi video editing mobile juga semakin beragam. Video nya bisa diedit langsung dari ponsel Anda. Perangkat yang digunakan juga tidak melulu menggunakan kamera professional, cukup mengandalkan kamera smartphone.

Terlebih di pasaran saat ini, hadir beragam smartphone dengan fitur kamera layaknya kamera professional yang mampu diandalkan untuk mengambil video. Nokia 8 salah satunya. Nokia 8 memiliki sejumlah fitur unggulan yang cocok digunakan untuk kegiatan vlogging. Berikut ulasannya.

1. Tiga Kamera dengan Lensa Zeiss

Nokia 8 menjadi ponsel Android pertama yang dibekali lensa Zeiss untuk kamera utama dan selfie. Settingan dual camera terdapat pada kamera utama gawai ini. Ketiga kameranya sama-sama didukung resolusi 13MP. Sebenarnya, lenza Zeiss ini bukanlah hal yang baru bagi Nokia. Sebelumnya, lensa Zeiss telah digunakan di ponsel lawas Nokia berbasis Windows dan Symbian.

Dukungan lensa Zeiss ini membuat hasil foto dari kamera utama maupun selfie cukup baik dalam kondisi minim cahaya maupun cahaya cukup. Tak hanya kamera belakang, kamera depan juga bisa merekam video dipadukan fitur PDAF dan sudah mendukung resolusi 4K.

Kamera utama dan selfie Nokia 8 mampu merekam video dalam resolusi 4K 30fps dan 1080p 30fps. Pilihan mode video slow-mo, time-lapse, dan dual-sight video 1080p bisa Anda gunakan untuk vlog. Setelah vlogging, video tersebut dapat Anda bagikan ke YouTube dan Facebook secara langsung melalui fitur live streaming.

2. Dual Sight

Fitur dual sight ini memungkinkan perekaman video menggunakan kamera belakang dan depan secara bersamaan. Rekaman video dengan kamera utama dan depan akan ditampilkan secara bersamaan dalam satu frame. Nokia 8 merupakan smartphone pertama yang mengusung fitur dual sight ini.

Cara menggunakannya cukup mudah, hanya perlu memilih mode dual dalam menu video. Maka secara otomatis, tampilan kamera akan terbagi dua. Selanjutnya, video tersebut dapat Anda bagikan ke media sosial Anda. Dengan mode dual sight ini membuat vlog Anda semakin asik.

3. OZO Audio

Teknologi OZO audio ini menggabungkan tiga mikrofon dengan algoritma akustik eksklusif dari Nokia untuk menangkap audio dengan suara surround spasial 360 derajat. OZO audio sangat cocok digunakan untuk merekam video beresolusi 4K dengan kualitas audio yang lebih baik.

Nokia mengadopsi teknologi OZO ini dari kamera Virtual Reality (VR) 360 derajat. Kamera OZO ini sering dijadikan untuk pengambilan gambar film Hollywood. Harganya sangat mahal seharga USD 60 ribu atau sekitar Rp 849 juta.

Namun, Nokia menyematkan teknologi OZO yang mahal nan canggih tersebut ke Nokia 8 dengan harga terjangkau yakni Rp 6,5 juta. Dengan teknologi OZO tersebut, tentunya kualitas video yang dihasilkan setara dengan kualitas film Hollywood.