Review

7 Perbedaan OPPO F7 dan OPPO F7 Youth

Bertepatan di bulan suci Ramadan, OPPO resmi meluncurkan OPPO F7 Youth, perangkat terbaru yang ditujukan untuk anak muda yang aktif. Jika kebetulan Anda sedang ingin membeli smartphone OPPO F7 dan ragu mengenai perbedaan di antara model F7 series, berikut panduan Selular.ID mengenai ketiganya.

Dengan kehadiran OPPO F7 Youth, menandakan ada tiga varian F7 Series yang beredar di Indonesia. Dua lainnya adalah OPPO F7 dan OPPO F7 128GB.

Pada dasarnya tidak ada perbedaan berarti pada OPPO F7 regular dan OPPO F7 128GB kecuali pada konfigurasi memori. OPPO F7 128GB mempunyai RAM 6GB sementara versi regular 64GB dipadu RAM 4GB.

Jadi, kami akan menyandingkan perbedaan antara OPPO F7 dan F7 Youth. Berikut 7 (tujuh) perbedaan OPPO F7 dan OPPO F7 Youth.

1. Layar notch
OPPO F7 merupakan perangkat pertama OPPO yang mengusung desain kekinian. Layaknya Apple iPhone X, OPPO F7 mempunyai notch (poni) di bagian layar atas. Bagian hitam di tengah merupakan tempat kamera, earpiece flash, dan sensor kedekatan berada.

Nah, pada varian OPPO F7 Youth, desain layar tanpa notch. Sehingga serupa dengan layar OPPO F5 dengan layar Full View.

2. Bentang 6.0 inci
Selain notch, ukuran layar OPPO F7 Youth juga berbeda. Sedikit lebih sempit, Youth mempunyai bentang layar 6.0 inci sementara OPPO F7 berdiagonal 6,23 inci. Sementara resolusi layar keduanya sama, yakni Full HD+ dengan rincian 2160×1080 piksel.

Tidak hanya itu, layar Full HD 6 inci pada F7 Youth memiliki screen to body ratio sebesar 84.8%, sehingga memberikan pandangan yang luas ketika menonton konten video atau melihat area permainan pada game.

3. Rasio 18:9
Absennya notch di Youth membuat rasio layar juga berbeda. OPPO F7 mempunyai aspek rasio 19:9 sementara OPPO F7 Youth adalah 18:9.

Mengingat dimensi body keduanya sama (156×75,3×7,8 mm) dengan bobot berkisar 158 gr, maka tidak ada perbedaan pengalaman yang signifikan dalam penggunaan.

Pemilik OPPO F7 Youth juga tetap bisa menikmati fitur Full Screen Multitasking. Jadi pengguna dapat membalas chat atau menjawab panggilan telepon sambil terus memainkan game kesukaan mereka.

4. Selfie 8MP
Penurunan paling signifikan terletak pada resolusi kamera depan dimana OPPO F7 mengusung sensor 25MP sementara Youth ‘hanya’ 8MP.

Kendati berbeda resolusi, OPPO F7 Youth tetap mengusung semua fitur yang dimiliki ‘sang kakak’ seperti teknologi AI Beauty 2.0 dan AR Sticker.

AI Beauty 2.0 bisa mempelajari kebiasaan pengeditan foto yang dilakukan oleh pengguna, sehingga akan menerapkan penyesuaian yang sama pada setiap pengeditan.

Dengan fitur AR Sticker yang bisa digunakan pada kamera depan dan belakang F7 Youth, baik saat mengambil foto ataupun merekam video, menawarkan pengalaman fotografi yang menyenangkan untuk para konsumen anak muda OPPO.

5. Kamera belakang
Setelah kamera depan, kamera belakang F7 Youth turut dipangkas. OPPO F7 mengusung kamera 16MP sementara sang adik ‘hanya’ 13MP.

Sama seperti kamera depan, kamera belakang OPPO F7 Youth mengusung fitur yang sama dengan OPPO F7. Mulai dari efek Bokeh, HDR, Super Vivid, Time-Lapse, Sticker, Panorama, sampai Moda Expert.

6. Fingerprint
Sensor sidik jari pada OPPO F7 lenyap di F7 Youth. Pengguna bisa menggunakan sistem keamanan standar dalam membuka kunci layar seperti menggunakan password, kode, dan pola.

Selain itu, OPPO F7 Youth juga mengusung Face Unlock untuk alternative membuka kunci layar. Sehingga memudahkan konsumen dalam mengakses smartphone mereka secara lebih cepat.

7. Harga
Perbedaan terakhir tentu di label harga. OPPO F7 tersedia dengan harga Rp4.199.000 sementara OPPO F7 Youth dijajakan Rp3.799.000.

Selain tujuh perbedaan di atas, spesifikasi OPPO F7 dan OPPO F7 Youth sama. Mulai dari prosesor 64-bit Octa-core Mediatek Helio P60 dengan kecepatan maksimal 2.0GHz, dengan Dual Core AI Processor.

Kemudian ruang memori RAM 4GB, storage 64GB, dengan sistem operasi ColorOS 5.0 berbasis Android 8.1 Oreo dengan dukungan baterai kapasitas 3.410mAh.

Membawa keunggulan OPPO F7, yaitu Super Full Screen, AI Beauty 2.0, dan berbagai teknologi AI lainnya, F7 Youth akan dijual per tanggal 1 Juni 2018 dalam dua warna, yakni Solar Red dan Diamond Black, dengan harga Rp3.799.000.

Saat ini masyarakat juga sudah bisa melakukan pre order di situs Lazada dengan dua opsi: regular seharga Rp3.799.000 dan Rp3.899.000 untuk paket bundling OPPO F7 Youth dengan produk UV Protector dari Shiseido.

Comments
To Top