Apps

YouTube Music akan Diluncurkan Pekan Depan

Minggu depan (22/05/2018), YouTube direncanakan bakal meluncurkan layanan YouTube Music. Layanan streaming ini nantinya akan menghadirkan jutaan lagu dan video secara gratis dan juga berbayar.

Untuk versi gratis, YouTube Music akan secara otomatis menampilkan iklan yang “memaksa” penggunanya untuk melihat iklan tersebut terlebih dahulu. Namun bila ingin menggunakan layanan tanpa iklan, pengguna bisa menggunakan layanan YouTube Music Premium dengan biaya USD 9,99 atau Rp 141 ribuan per bulannya.

Seperti layanan musik streaming lainnya, Youtube Music memungkinkan penggunanya untuk mengakses seluruh album musik, siaran langsung, channel artis favorit dalam aplikasi di smartphone ataupun PC desktop.

Dilansir dari The Next Web, YouTube Music juga mampu secara otomatis menampilkan daftar video yang mungkin disukai penggunanya pada layar utama aplikasi. Selain itu, aplikasi ini juga dapat merekomendasikan daftar putar lagu berdasarkan riwayat dan lokasi penggunanya.

Seperti mesin pencarian Google, YouTube Music juga memiliki fitur pencarian berdasarkan pencarian lirik. Sehingga memudahkan penggunanya yang ingin mencari lagu, namun tidak mengetahui apa judul lagu yang ingin diputarnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Google berencana mengganti Google Play Music dengan layanan berbasis YouTube. Hal itu mungkin akan terwujud suatu saat, mungkin hingga 2019 mendatang. Namun, untuk saat ini keduanya masih tersedia.

Layanan musik dari YouTube ini akan menyaingi Spotify, Apple Music, Pandora, Deezer, dan termasuk Google Play Music.

YouTube Music baru akan diluncurkan di beberapa negara saja. Seperti Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Meksiko, dan Korea Selatan. Selajutnya, YouTube berjanji akan membawa YouTube Music di beberapa negara lain seperti Austria, Kanada, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Norwegia, Rusia, Spanyol, Swedia, Swiss dan Inggris.

Tak cuma YouTube Music, YouTube juga meluncurkan layanan lain yang disebut YouTube Premium. Layanan ini sendiri mengharuskan penggunanya untuk membayar biaya per bulan sebesar USD 11,99 atau Rp 169 ribuan.

Lewat layanan ini, pengguna dapat menikmati layanan YouTube Music Premium dan juga film yang sebelumnya hanya tersedia untuk pelanggan YouTube Red.

Comments
To Top