Instagram punya fitur baru bernama Usage Insights untuk membantu melihat seberapa banyak waktu yang telah dihabiskan pengguna dalam mengakses aplikasi. Fitur tersebut ditemukan oleh peneliti, tersembunyi di kode aplikasi Instagram Android.

Advertisement

Temuan peneliti bernama Jane Manchun Wong akhirnya dikonfirmasi oleh CEO Instagram, Kevin Systrom. Dalam serangkaian tweet, Systrom mengatakan bahwa fitur Usage Insights bakal membantu pengguna mengetahui seberapa lama waktu yang telah dihabiskan di Instagram.

Sayangnya, seperti dikutip dari The Verge, tidak ada detail aktual tentang fitur itu. Namun, keberadaan fitur Usage Insights menguak kemungkinan bahwa Instagram mulai berpikir bagaimana agar pengguna bisa terlibat dengan aplikasi, mengikuti inovasi Facebook dan Google.

Seperti diketahui, Google mengumumkan bahwa Android P akan menyertakan beberapa fitur untuk membantu pengguna mengatur waktu secara bijak dalam mengakses ponsel. Di dalamnya termasuk pula perincian tentang seberapa lama pengguna telah memakai berbagai aplikasi.

Selain Usage Insights, Wong ternyata juga menemukan fitur lain yang belum dirilis oleh Instagram. Satu di antaranya adalah antarmuka komentar baru dengan Emoji Bar. Fitur tersebut memungkinkan pengguna menambahkan ikon kecil dengan sekali ketuk dan tombol @ untuk menandai teman.

Wong juga menemukan kode yang menunjukkan Instagram Prototyping Android Notification Action memungkinkan pengguna untuk membalas secara langsung komentar dari pemberitahuan atau notifikasi tanpa harus membuka aplikasi.

Beberapa waktu lalu, Instagram memperkenalkan fitur baru bagi pengguna yang berfungsi membuat pemungutan suara alias polling lewat Story. Sebagai pengembangan, Instagram lantas memperkenalkan fitur baru bernama Emoji Sliders.

Memanfaatkan Emoji Sliders, pengguna tidak harus memilih di antara dua jawaban. Mereka bisa menggeser emoji dari kiri ke kanan untuk urun suara. Sebagai contoh, ketika ditanya apakah menyukai pizza, pengguna hanya perlu menggeser emoji dari pilihan “a lot” atau “not so much”.

“Emoji Sliders mengizinkan pengguna mengajukan pertanyaan variatif. Contohnya, di mana Anda ingin menemukan sesuatu, bagaimana perasaan teman Anda tentang sesuatu, Bagaimana pendapatmu tentang singleterbaru artis tertentu?,” kata pihak Instagram.

Sumber: The Verge