Dalam Ajang Google I/O 2018 lalu, perusahaan asal Amerika tersebut secara resmi memperkenalkan Android P Beta Program untuk beberapa smartphone, seperti Essential Phone, Sony Xperia XZ2, OnePlus 6 (coming soon), Xiaomi Mi Mix 2S, Nokia 7 Plus, Oppo R15 Pro, Vivo X21 UD dan Vivo X21.

Advertisement

Jika Anda memiliki salah satu smartphone di atas dan ingin mencoba merasakan apa saja fitur-fitur baru di Android. Di sini kami akan memberikan tutorial upgrade Android P dengan contoh smartphone Sony Xperia XZ2.

Install Android P Beta

Pertama-tama pastikan smartphone Anda mendukung program tersebut, cara ceknya bisa langsung ke halaman Android P Beta Devices. Karena kami menggunakan Sony Xperia XZ2, saat mengklik tombol “Get The Beta” akan langsung diarahkan ke halaman Android P Beta for Xperia XZ2. Ada juga daftar fitur-fitur terbaru yang bisa Anda lihat pada halaman tersebut.

Perlu Anda ketahui, proses ini akan menghilangkan data-data yang tersimpan di smartphone. Jadi pastikan Anda sudah melakukan back up sebelumnya dan jangan lupa untuk mengecek kapasitas baterai berada diatas 50%.

Untuk pengguna Xperia XZ2, Anda wajib men-download software Xperia Companion v2.1 atau lebih tinggi. Kemudian buka software-nya dan hubungkan smartphone ke komputer dengan kabel data.

Jika sudah terhubung, tahan tombol “ALT” sambil tekan menu Software repair lalu pilih Android P Developer Preview software. Ketika Anda klik tombol Next, proses download file upgrade akan berjalan.

Setelah download selesai proses selanjutnya adalah instalasi. Satu hal yang harus diingat adalah jangan putuskan koneksi antara smartphone dengan komputer. Jika sudah secara otomatis smartphone sudah menggunakan Android P.

Itulah cara install Android P Beta dengan contoh smartphone Sony Xperia XZ2. Jika Anda pengguna smartphone lain bisa langsung mengunjungi halaman Android P Beta Devices untuk proses upgrade lengkapnya. Selamat mencoba!