Samsung di kabarkan pada tahun ini akan meluncurkan Galaxy Tab terbaru dan hal itu sepertinya bukan lagi cerita fiktif. Pasalnya, sebuah perangkat besutan Samsung dengan nomor model SM-T835 yang diduga kuat itu adalah Samsung Galaxy Tab S4 sudah muncul di Geekbench.

Advertisement

Sebelumnya, dengan nomor model yang sama juga sudah muncul di situs AnTuTu sekitar tiga bulan lalu. Hasil benchmark mengungkapkan perangkat ini memiliki GPU Adreno 540 dan dukungan CPU dengan clock speed 2,3 GHz. Hanya ada satu SoC yang memiliki fitur yang seperti di atas dan itu adalah Snapdragon 835.

Kini muncul di Geekbench, perangkat yang diduga kuat sebagai Samsung Galaxy Tab S4 disokong oleh prosesor MSM8998 yang dikenal sebagai Snapdragon 835. Geekbench juga mengungkapkan bahwa tablet ini akan dibekali dengan RAM sebesar 4 GB.

Samsung Galaxy Tab S3 yang diluncurkan pada April tahun lalu memiliki chipset Snapdragon 820 dan RAM sebesar 4 GB. Jadi cukup masuk akal jika Samsung nantinya menghadirkan Galaxy Tab S4 dengan chipset yang lebih bertenaga. Tak hanya itu, diharapkan tablet ini juga hadir dalam ukuran 10,5 inci.

AnTuTu juga mengungkap bahwa Galaxy Tab S4 akan memiliki kamera depan yang sudah ditingkatkan menjadi 8 MP. Meski begitu, kamera belakangnya nanti akan menjadi 12 MP. Gosipnya, tablet ini juga akan memiliki dukungan 4G-LTE serta penyimpanan internal berkapasitas 64 GB. Sayangnya, jangan harap ada dukungan NFC di dalamnya.

Lantas, kapan Galaxy Tab S4 akan meluncur? Diperkirakan, tablet besutan Samsung ini tidak butuh lama untuk tersedia di pasar. Setelah muncul di AnTuTu dan Geekbench, lalu mendapatkan sertifikasi FCC versi Rusia, seharusnya bulan Juni atau Juli 2018 Galaxy Tab S4 sudah melenggang.