Fitur Face ID di iPhone X akan dikembangkan supaya bisa bekerja secara lebih akurat dan aman. MenurutĀ Apple Insider, dalam surat paten yang diajukan oleh Apple, fitur Face ID bakal dibuat lebih mutakhir sehingga bisa memindai wajah pengguna.

Advertisement

Bahkan, dalam dokumen tersebut juga disebutkan bahwa Apple akan membuat fitur Face ID mampu mengidentifikasi pembuluh darah. Fitur Face ID bakal menggunakan pemancar optik yang bisa mengeluarkan berbagai getaran cahaya infra merah.

Cahaya itulah yang nantinya menunjukkan pola pembuluh darah pengguna. Cara hampir serupa sebenarnya sudah diaplikasikan oleh Apple lewat perangkat lain buatannya, yakni jam tangan pintar Apple Watch. Seperti diketahui, Apple Watch punya kemampuan mengukur detak jantung sang pemakai.

Sebelumnya, Apple mengembangkan teknologi fitur Face ID supaya tidak bisa dibobol dengan cara memindai foto atau topeng wajah mirip si pemilik. Dengan adanya teknologi yang lebih canggih, fitur Face ID kian sulit diakali karena memindai langsung pembuluh darah sang pengguna.

Fitur Face ID di iPhone X yang didukung oleh kamera TrueDepth memang disebut-sebut sebagai teknologi keamanan paling canggih di ponsel. Kenyataannya, fitur tersebut tak lepas dari masalah yang pada akhirnya mengganggu pengguna dalam berkomunikasi.

MengutipĀ GSM Arena, keluhan soal fitur Face ID di iPhone X muncul di forum Reddit. Laporan lantas menyebut bahwa Apple telah mengirim dokumen kepada penyedia layanan resmi terkait rincian tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah Face ID di iPhone X.

Langkah pertama yang direkomendasikan oleh Apple adalah melakukan diagnosa fitur Face ID di perangkat guna memastikan tidak ada masalah di kamera belakang. Tentunya, hal itu cukup mengagetkan mengingat fitur Face ID berkaitan dengan sensor kamera TrueDepth yang menghadap ke depan.

Namun ternyata, Apple memberitahukan bahwa masalah di fitur Face ID iPhone X berhubungan dengan kamera belakang, bukan depan. Menurut pengguna Reddit, berdasarkan informasi yang diterima, kamera belakang iPhone X memang terhubung ke kamera TrueDepth.

Source Link