Belakangan ini teknik foto bokeh atau foto dengan bakground kabur (blur) tengah banyak diminati oleh banyak kalangan. Banyak pengembang ataupun vendor ikut meramaikan tren ini. Mulai dari aplikasi bahkan smartphone berteknologi dual kamera pun kini telah banyak kita temui untuk memudahkan pengambilan foto bokeh tersebut.

Advertisement

Namun, membuat foto bokeh pun tetap ada tekniknya. Bukan hanya sekedar mengandalkan fitur ataupun teknologi, namun kita juga perlu mengetahui teknik-teknik pengambilan foto bokeh yang baik. Untuk itu kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk bisa menghasilkan foto bokeh terbaik menggunakan smartphone. Mari simak bersama-sama:

1. Atur Jarak Objek dengan Kamera

Mode foto bokeh mengedepankan fokus terhadap satu objek dan mengaburkan objek lainnya di dalam satu frame yang sama. Untuk itu gune menghasilkan foto bokeh yang baik, maka kalian wajib mendekatkan objek foto yang akan difoto. Pengaturan yang dilakukan adalah jarak kamera dengan objek, bukan dengan menggunakan zoom.

Pastikan jarak kamera dengan objek foto berada pada kisaran 1,5-2,5 meter. Pastikan pula untuk meletakkan objek utama foto berada di bagian paling depan frame atau pada posisi foreground.

2. Atur Background

Background juga menjadi salah satu hal yang arus diatur ketika ingin mengambil sebuah foto bokeh yang baik. Hindari background yang terlalu dekat dengan objek karena akan membuat hasil bokeh tidak akan maksimal. Hindari juga background dengan warna polos, misalnya tembok putih. Hal ini juga bisa membuat efek bokeh tidak akan maksimal.

3. Hindari Banyak Objek Foto

Untuk memaksimalkan foto bokeh, menghindari banyak objek juga merupakan hal yang patut diperhatikan. Mudahnya, mode bokeh hanya akan bekerja jika semua objek berada di dalam posisi yang sejajar.

Jika foto bokeh yang ingin dibuat adalah foto bersama teman-teman, penggunaannya pun hanya bisa dilakukan dengan jumlah grup yang kecil saja. Foto bokeh terbaik untuk foto berkelompok hanya bisa dilakukan untuk 2-3 orang saja.

4. Komposisi Rule of Third

Sebagaimana teknik foto pada umumnya, komposisi rule of third juga diperlukan pada teknik foto bokeh. Meletakkan objek foto di posisi yang tepat dapat membuat foto yang dihasilkan akan semakin baik.

Komposisi yang biasa digunakan para fotografer adalah rule of third. Untuk mengikutinya, cukup aktifkan fitur grid pada layar sebagai acuan. Tempatkan objek pada garis vertikal baik di sisi kanan atau kiri, dan sisakan background pada sisi sebaliknya.

5. Gunakan Aplikasi Editing Foto Bokeh

Jika smartphone kalian masih belum mendukung fitur bokeh, kalian bisa menggunakan beberapa aplikasi yang menyediakan fitur editing foto bokeh. Cukup install aplikasi seperti AfterFocus, PicsArt atau Lens Blur untuk bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menhasilkan hasil foto bokeh secara maksimal. Semoga membantu ya!