Tips & trik

7 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP OPPO A71

Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP OPPO A71. Ditahun 2018, salah satu smartphone kelas menengah besutan dari OPPO harga 2 jutaan yakni OPPO A71. Hadir dengan desain bodi super cantik dengan balutan metallic yang mengkilap membuatnya lebih menawan. Selain itu, dari segi spesifikasi juga lumayan mantap, jeroan Qualcomm SDM 450 dengan dukungan RAM 3GB membuat aktifitas multitasking terasa lebih mantap dan maksimal. Lebihnya lagi, disematkannya GPU ARM Mali T860 MP2 membuat performa Gaming lebih menantang.

Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka

Dibalik keunggulan spesifikasi dan fitur, tidak menutup kemungkinan sebagian pengguna juga mendapati masalah Mengenai Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP OPPO A71#Aplikasi Tidak Bisa Dibuka atau muncul pesan error pada aplikasi tertentu memang sudah biasa terjadi pada perangkat Android. Ini terjadi karena banyak hal seperti file cache yang menumpuk, virus, bugs pada sistem, kerusakan pada aplikasi, aplikasi tidak kompatible, dan lainnya. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, cobalah ikuti metode – metode sederhana yang saya tulis dibawah ini.

1. Restart Smartphone

Hal pertama yang paling mudah untuk anda lakukan yakni reboot atau restart smartphone. Cara ini memang tidak menjamin aplikasi yang bermasalah dapat normal kembali, tapi setidaknya anda bisa mencobanya dan melihat hasilnya. Jika tidak berhasil, cobalah metode – metode berikutnya.

2. Periksa Konektivitas

Untuk metode berikutnya yakni memeriksa konektivitas pada aplikasi yang bermasalah, khususnya aplikasi yang membutuhkan data Internet. Cobalah untuk melihat kecepatan Internet di HP OPPO anda, buka Youtube, Google, Google Play Store, atau yang lainnya untuk melakukan pengecekan.

3. Bersihkan Cache Aplikasi

Berikutnya yakni membersihkan file cache atau file sampah pada OPPO A71. Penumpukan file cache membuat memori penuh RAM dan Internal penuh. Gunakan aplikasi Keamanan atau CCleaner untuk membersihkan file cache secara menyeluruh. Dan untuk cara manualnya, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Buka menu Pengaturan » Manajemen Aplikasi » Pilih “NAMA APLIKASI” » Selanjutnya tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A71 dengan sistem operasi Android Nougat v7.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

4. Hapus Data Aplikasi

Metode berikutnya yakni hapus data aplikasi di HP OPPO A71. Cara ini akan membuat aplikasi kembali pada posisi default. Data aplikasi yang terhapus akan berupa data login, file cache, basis data, history, bookmark, dan lainnya. Dan untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Buka menu Pengaturan » Manajemen Aplikasi » Pilih “NAMA APLIKASI” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » Kemudian tap “Hapus”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A71 dengan sistem operasi Android Nougat v7.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

5. Instal Ulang Aplikasi

Untuk cara kelima, anda bisa instal ulang aplikasi. Sebelumnya, hapus aplikasi yang bermasalah tersebut kemudian bersihkan file cache dan lakukan restart. Dan barulah nantinya anda instal kembali aplikasi langsung dari Google Play Store. Dan untuk petunjuk Uninstal, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Buka menu Pengaturan » Manajemen Aplikasi » Pilih “NAMA APLIKASI” » Selanjutnya tap “Hapus Instalasi” » Kemudian tap “OK”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A71 dengan sistem operasi Android Nougat v7.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

6. Update ColorOS

Dan untuk yang keenam, anda bisa melakukan Updating ColorOS. Hal ini dimaksudkan bisa jadi, sistem yang ada pada HP OPPO A71 mengalami masalah dan anda harus melakukan Updating. Sampai saat ini memang masih jarang adanya masalah pada OPPO A71 tapi tidak menutup kemungkinan, masalah pada sistem bisa terjadi.

7. Aplikasi Tidak Kompatible

Aplikasi yang tidak kompatible atau tidak support dengan HP yang anda miliki tentunya menjadi masalah besar. Bisa jadi, dari pihak Developers apps memang belum melakukan pembaruan terkait aplikasi yang dibuat sehingga tidak semua HP dapat support atau terinstall dengan baik. Anda bisa mencari aplikasi lain yang sekiranya mirip dan memang sangat anda butuhkan.

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP OPPO A71, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan terkait masalah pada OPPO A71, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Comments
To Top