Ribuan pengguna Macbook Pro 2016 dan Macbook 12 mengajukan gugatan hukum kepada Apple di California Utara, Amerika Serikat. Gugatan itu terkait dengan permasalahan yang kerap terjadi pada keyboard yang digunakan di kedua perangkat tersebut.

Seperti diketahui, keyboard Macbook 12 inch dan Macbook Pro 2016 menggunakan sistem bernama Butterfly Mechanism yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015 silam. Namun sayang, sejumlah laporan menyebutkan bahwa keyboard tersebut mudah macet atau tidak dapat digunakan jika terkena debu atau kotoran lain.

Dilansir Gizmodo, gugatan yang disampaikan ke meja hijau menyatakan bahwa Apple sebenarnya telah mengetahui masalah di keyboard bersistem Butterfly Mechanism tetapi tetap nekat merilis Macbook Pro 2016 dan Macbook 12 inch.

Selain itu, para pengguna ini juga menuduh Apple juga membawa teknologi tersebut ke perangkat yang lebih tinggi, yakni Macbook Pro 13 inch dan Macbook Pro 15 inch. Padahal, dua laptop itu berharga cukup mahal.

Belum ada tanggapan dari Apple terkait gugatan hukum ribuan pengguna di California Utara terkait masalah di keyboard bersistem Butterfly Mechanism untuk perangkat Macbook Pro 2016, Macbook 12 inch, dan lainnya.

Kabar yang beredar, Apple siap memberi perbaikan secara gratis sepanjang Macbook yang bermasalah memiliki masa garansi satu tahun atau menggunakan layanan Apple Care.