Peristiwa kebocoran data pengguna yang dialami oleh Facebook belum lama ini telah menjadi sebuah momen penting yang mendasari pola baru sebuah media sosial: transparansi.

Jika beberapa waktu setelah kejdian tersebut Facebook langsung menyediakan fitur bagi penggunanya untuk mendapatkan informasi mengenai data probadi mereka yang disimpan Facebook, kali ini Instagram pun melakukan hal serupa. Jadi, bagi pengguna yang ingin mengetahui data pribadi apa saja yang selama ini disimpan oleh Instagram, maka kalian bisa mengaksesnya melalui fitur yang dinamakan Data Download.

Nah, kira-kira bagaimana cara mengaksesnya? Mari simak bersama-sama:

1. Buka Instagram lewat peramban internet

Pertama-tama buka akun Instagram melalui peramban internet. Lanjutkan dengan melakukan login untuk masuk ke halaman profil akun.

2. Masuk ke halaman Pengaturan

Setelah berhasil masuk ke halaman profil akun, segera navigasikan Instagram menuju opsi pengaturan yang disimbolkan dengan ikon gir di sudut kiri atas.. Lanjutkan dengan memilih opsi Privacy and Security.

3. Menggunakan fitur Data Download

Pilih opsi Data Download yang tersedia dan masukkan alamat email yang digunakan. Lanjutkan permintaan data dengan mengetikkan kata kunci akun Instagram untuk memastikan bahwa permintaan yang diajkuna adalah benar dari si pemilik akun.

Setelah permintaan diproses, nantinya pengguna akan diberikan informasi bahwa Instagram telah memproses permintaan yang dilakukan. Cukup tunggu selambat-lambatnya 48 jam untuk mendapatkan informasi tersebut melalui email.