Awal April 2018 lalu, Cloudflare merilis sebuah DNS yang diklaim punya beberapa kelebihan menarik seperti akses internet lebih cepat, stabil dan menjaga privasi pengguna. Saya pribadi sudah menggunakan DNS tersebut dan kamu juga bisa menikmatinya di perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch. Berikut ini panduan untuk menggunakan Cloudflare DNS di iPhone dan iPad:

Advertisement

Cara Menggunakan CloudFlare DNS di iPhone dan iPad

1. Hubungkan perangkat iOS ke koneksi Wi-Fi.

2. Akses aplikasi Settings.

3. Masuk ke bagian Wi-Fi lalu tekan ikon i di koneksi internet Wi-Fi yang sedang kamu gunakan.

4. Masuk ke bagian Configure DNS.

5. Pilih mode Manual.

6. Hapus semua daftar DNS yang sedang kamu gunakan.

7. Tekan tombol Add Server dan tambahkan Cloudflare DNS yaitu 1.1.1.1.

8. Tekan tombol Save untuk menyimpan pengaturan dan keluar dari aplikasi Settings.

Selesai, sekarang kamu bisa menikmati akses internet dengan Cloudflare DNS yang diklaim lebih cepat dan aman. Cloudflare juga memberikan penjelasan pada laman Cloudflare DNS bahwa mereka tidak akan mencatat IP Address dari pengguna DNS tersebut. Jadi iklan bertarget atau pencatatan kebiasaan penggunaa saat menggunakan internet lewat mode DNS tidak akan dilakukan. Dapat kamu lihat pada laman DNS Performance, saat ini Cloudflare DNS menjadi DNS paling cepat yang tersedia untuk pengguna umum.

Dari pengalaman saya menggunakan Cloudflare DNS, beberapa website yang diblokir oleh ISP (Internet Service Provider) di Indonesia juga bisa kembali diakses dengan mudah, tanpa perlu koneksi VPN. Sebut saja Reddit, Tumblr, dan Vimeo. Silakan coba ganti DNS di perangkat iOS kamu dengan Cloudflare DNS ya!