BlackBerry KeyOne edar resmi di Indonesia November silam. Pertengahan tahun ini, perusahaan mempersiapkan perangkat penerusnya, BlackBerry Key2.

Advertisement

Sejumlah bocoran spesifikasi BlackBerry Key2 muncul ke permukaan. Penerus BlackBerry KeyOne itu tampaknya akan mengusung RAM 6GB dan prosesor yang ditingkatkan.

Perangkat yang akan diproduksi oleh TCL Communication itu baru-baru ini menerima sejumlah sertifikasi yang menandakan waktu rilis kian dekat. Setelah berbagai render mengungkap desain smartphone, sekarang giliran lembar spesifikasinya untuk merinci internal perangkat.

Dimulai dengan performa, TCL Communication tampaknya akan menyertakan chip yang lebih kuat. Secara khusus, Snapdragon 660 octa-core akan menggantikan Snapdragon 625 yang tertanam di BlackBerry KeyOne tahun lalu.

Selain itu, prosesor baru ini dipasangkan dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 64GB, dan masih bisa diperluas melalui kartu microSD hingga penyimpanan 2TB.

Pindah ke bagian luar perangkat, bagian belakang smartphone dikatakan akan dihiasi pengaturan kamera-ganda baru yang terdiri dari sensor utama 12MP dan lensa sekunder 8MP.

Selain itu, perangkat BlackBerry baru juga dikatakan dibekali kamera selfie 8MP.

Di bagian depan terdapat layar 4,5 inci dengan rasio aspek 3:2. Mirip dengan tampilan KeyOne tahun lalu yang menampilkan resolusi 1080×1620 piksel.

Sayangnya, desain tahun ini yang terlihat lebih ramping, sepertinya memaksa TCL Communication untuk mengurangi kapasitas baterai, yang sekarang ‘hanya’ 3.360mAh dibandingkan dengan 3.505mAh tahun lalu.

Secara visual, perbaikan nyata terlihat pada BlackBerry Key2 termasuk keyboard fisik halus yang kini menawarkan sentuhan finishing matte daripada glossy dan tampilan yang lebih gelap secara keseluruhan, mirip dengan BlackBerry KeyOne Black Edition.

Dalam hal harga dan ketersediaan, Key2 diprediksi dibanderol sekitar $550 (setara Rp7,5 juta), dengan pengumuman kemungkinan akan berlangsung pada bulan Juni.