Tips & trik

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android Tanpa Root

Setiap smartphone Android terutama yang tidak menggunakan tampilan antarmuka Android One atau Pure Android umumnya memiliki beragam aplikasi bawaan yang sudah terinstall di dalamnya. Ada yang berguna dan tidak, aplikasi yang biasa disebut bloatware tersebut memakan storage cukup besar.

Menghilangkan aplikasi bawaan Android

Jika smartphone Anda termasuk yang memiliki banyak bloatware dan ingin menghilangkannya, sepertinya Anda bisa mencoba cara berikut ini.

Pertama-tama buka Setting > Apps lalu cari aplikasi yang ingin Anda hilangkan. Klik tombol Disable untuk menonaktifkan aplikasinya dan aplikasi tersebut akan downgrade ke posisi awalnya.

Dengan klik tombol Disable, secara otomatis aplikasinya tidak akan muncul lagi di halaman homescreen dan tidak akan melakukan update otomatis dari play store.

Meski tidak benar-benar bisa dihapus, setidaknya dengan menonatifkan aplikasinya, ruang penyimpanan yang terpakai tidak lebih besar dibanding saat aplikasi tersebut masih aktif.

Khusus untuk Anda yang sudah root Android, Anda bisa menghapus aplikasi bawaan tersebut hingga ke akar-akarnya menggunakan bantuan aplikasi System app remover. Selamat mencoba!

Comments
To Top