Android P yang diumumkan baru -baru ini sudah hadir ke publik dan bisa dicoba oleh pengguna perangkat Google, seperti Pixel dan Nexus.

Advertisement

Namun  baru-baru ini Google mengungkapkan  bahwa  perangkat selain Pixel dan Nexus juga bakal bisa menerima versi beta Android P.

Dilaporkan Express, Android.yang bisa mencicipi perdana Android P adalah Sony Xperia XZ2, Xiaomi Mi Mix 2S, Nokia 7 Plus, Oppo R15 Pro, Vivo X21, OnePlus 6, and Essential PH‑1.

Dave Burke, VP Engineering Android menuturkan, Android P mengusung tiga tema, yakni cerdas, sederhana, dan sangat digital.

Android P bakal memiliki kemampuan soal keamanan. Sistemnya bakal mencegah aplikasi yang mencurigakan untuk mengakses kamera dan mikrofon ponsel.

Hal itu dilakukan ketika ada sebuah malware yang bisa merekam suara latar atau mengambil foto tanpa sepengetahuan pemiliknya. Fitur keamanan ini diharapkan bisa melindungi  dari malware yang bisa merekam aktivitas secara diam-diam.

Kemudian Android P juga bakal mendukung notch (tonjolan) di layar yang saat ini sudah mulai bermunculan di smartphone Android beserta fitur multiple screen. Namun sayangnya, fitur Dark Mode yang sebelumnya sempat dinantikan, belum ditemukan di versi ini.

Sementara itu, bagian AOSP mengusulkan fitur keamanan yang diperluas yang mencegah aplikasi mengakses kamera atau mikrofon saat berada di bawah. Sementara itu tidak jelas jadwal Google mana yang akan diterapkan ke Android P.

Android P akan memiliki kekuatan untuk mencegah aplikasi menganggur agar tidak dapat mengakses kamera dan mikrofon.