Tahukah kalian bahwa selain memiliki berbagai fungsi yang memanjakan penggunanya, Android memiliki fitur penting untuk menampilkan informasi darurat pada lock screen?

Hadir sejak diluncurkannya Android 7.0 Nougat, fitur ini berisikan beberapa informasi personal yang dapat ditampilkan di lock screem, diantaranya adalah nama, alamat, golongan darah, alergi, kondisi medis dan obat-obatan yang wajib dikonsumsi serta kontak yang bisa dihubungi.

Fitur ini dirancang sebagai upaya pencegahan agar ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, orang lain bisa tetap membantu kita tanpa harus mencari-cari informasi terlebih dahulu. Sebagai contoh, misalnya saja terjadi sebuah kecelakaan di tengah perjalanan dan kebetulan kita tidak membawa identitas. Dengan memanfaatkan informasi tersebut orang lain akan tetap bisa melakukan tindakan yang tepat guna ketika pertolongan.

Cara Membuat Informasi Darurat di Android

Untuk menggunakan fitur ini caranya cukup mudah. Pertama pastikan bahwa sistem Android kalian sudah berjalan di Android 7.0 ke atas. Selanjuutnya cukup ikuti langkah di bawah ini:

  • Buka Settings (Pengaturan)
  • Masuk ke bagian Users & Accounts (Pengguna dan Akun)
  • Masuk ke bagian Emergency Information (Informasi Darurat)
  • Pada tab Info, isi detil informasi sesuai kondisimu.
  • Pada Tab Contacts (Kontak), masukkan orang terdekat kalian yang bisa dihubungi.

  • Selesai

Lalu bagaimana cara untuk melihat Informasi Darurat tersebut? Berikut adalah caranya

Cara Melihat Informasi Darurat di Android

  1. Pada tampilan lock screen, geser layar ke atas.
  2. Tekan tulisan Emergency (Darurat) yang ada di bawah.
  3. Ketuk dua kali tombol Emergency Informastion (Informasi Darurat) yang muncul di atas.
  4. Selanjutnya kalian akan melihat informasi tersebut.

Memberikan Informasi Darurat pada sebuah smartphone memang terlihat sepele dan sering luput dari perhatian kita semua. Namun, bisa jadi hal yang dianggap sepele ini adalah hal yang bisa menyelamatkan kita di kemudian hari loh.