Apps

Ini Alasan Google Hapus Google Now Launcher di Play Store

Google resmi menarik aplikasi launcher besutannya di Play Store. Artinya pengguna perangkat Android kini sudah tak bisa lagi memasang aplikasi Google Now Launcher di smartphonenya.

Padahal aplikasi ini masuk dalam daftar aplikasi yang sudah kompatibel dengan banyak model.

Dilansir Android Authority, sebenarnya rencana perusahaan menghentikan layanan Google Now Launcher sudah diketahui sejak tahun lalu. Saat itu aplikasi ini akan dihapus pada Maret 2017.

Namun Google secara resmi menghapusnya di Play Store Mei 2018. Informasi ini terungkap dari pesan yang dikirimkan oleh raksasa mesin pencari itu ke sejumlah Google Mobile Service (GMS) rekanan Google.

Google bukannya tanpa alasan menarik aplikasi tersebut dari Play Store. Kehadiran Google Now yang kini bisa diintegrasikan dengan launcher pihak ketiga membuat perusahaan merasa tidak perlu menghadirkan aplikasi terpisah.

Ditariknya Google Now Launcher sendiri tak lepas dari keputusan Google yang sudah merilis Pixel Launcher untuk seri Pixel. Pasalnya, Google Now Launcher sebenarnya mengusung desain mirip tampilan seri Nexus dari Google.

Sejak Pixel Launcher hadir di toko aplikasi, Google tak lagi merilis launcher besutannya untuk umum dan terbatas hanya di perangkat Pixel saja.

Walaupun sudah ditarik, aplikasi ini memang masih bisa ditemukan di Play Store, tapi pengguna tak bisa lagi mengunduhnya.

Sesuai namanya, di Google Now Launcher, Google sudah menyediakan laman khusus untuk akses Google Now. Jadi, pengguna tinggal menggeser layar ke arah kiri untuk masuk ke laman tersebut.

Comments
To Top