Baru-baru ini Twitter melakukan investigasi dan menemukan bug dalam sistem log in di 336 juta akun penggunanya.

Advertisement

Hal ini pada akhirnya membuat Twitter mengingatkan 336 juta penggunanya untuk mengganti kata sandi akunnya.

Dilansir The Guardian, banyak yang mendapati layar berwarna biru ketika mencoba masuk ke akun Twitter. Setelah satu jam berlalu, banyak laporan keluhan mengenai peristiwa itu di berbagai negara.

Dilaporkan sekitar 72 persen pengguna tidak dapat mengakses Twitter, 17 persen melaporkan masalah dengan aplikasi Android dan 10 persen melaporkan masalah dengan aplikasi Twitter iOS.

Namun, dalam hasil investigasi itu tidak menemukan adanya indikasi tercurinya kata sandi dari manajemen. Namun, pengubahan kata sandi dirasa penting oleh manajemen Twitter.

Jack Dorsey, pendiri Twitter menuturkan, bug di Twitter, dalam sistem privasinya ditemukan pada saat pengguna memasukkan kata sandi, catatan data kata sandi pengguna tersimpan tanpa disamarkan di internal log.

Ditegaskan Jack Dorsey, Twitter menyarankan penggunanya untuk mengganti kata sandi sebagai tindakan antisipatif, bukan karena suatu peretasan. tetapi demi keamanan bersama.

Saat ini tidak jelas berapa banyak kata sandi yang terdaftar di log internal itu. Salah satunya milik pengguna paling terkenal di Twitter, Presiden Donald Trump.

Dilansir dari Twitter Blog, berikut adalah langkah-langkah penting dalam mengamankan akun twitter. Pertama adalah segera ganti kata sandi, terutama untuk menghindari akun yang memiliki kata sandi yang sama.

Kedua adalah gunakan kata sandi yang berbeda dari kata sandi akun kamu dari situs lainnya. Ketiga adalah gunakan fitur verifikasi login, dan yang terakhir adalah gunakan layanan manajerial kata sandi untuk membuat dan menyimpan kata sandi dengan aman.