Kabarnya Samsung akan memanfaatkan ajang CES 2019 yang kembali digelar di Las Vegas pada awal tahun depan untuk memperkenalkan Galaxy S10. Namun bukan rumor itu saja yang jadi pembicaraan banyak orang. Kabar lainnya, Samsung juga sedang mempersiapkan satu smartphone dengan layar lipat.

Advertisement

Yang tak kalah mengejutkan, smartphone lipat besutan Samsung tersebut akan melenggang di ajang pameran perangkat mobile bergengsi, apalagi kalau bukan Mobile World Congress (MWC) 2019 yang akan kembali digelar di Barcelona.

Nantinya, Samsung akan memberi nama kepada smartphone lipatnya tersebut dengan sebutan Galaxy X dan saat ini memiliki kode pengembangan Winner. Sebelumnya, Samsung memberi kode pengembangan terhadap perangkat ini dengan sebutan Valley.

Perubahan kode pengembangan tersebut bisa jadi merupakan indikasi yang kuat yang dilakukan oleh Samsung untuk mengubah jangka waktu pengembangan. Besar kemungkinan, smartphone ini dimasukkan oleh Samsung ke dalam slot peluncuran lineup untuk tahun 2019.

Samsung sendiri pada gelaran CES tahun ini sudah sedikit banyak memperlihatkan prototipe Galaxy X. Smartphone ini dikemas oleh Samsung dengan desain lipat tiga panel OLED yang masing-masing memiliki ukuran 3,5 inci. Satu layar ada di bagian luar dan dua lainnya ada di bagian dalam.

Uniknya, ketika dua layar di dalam dibuka, maka layar tersebut ukurannya menjadi lebih besar dengan lebar 6 hingga 7 inci. Sementara itu, layar di bagian luar masih dapat digunakan ketika perangkat dalam kondisi terlipat. Jelas, ini sebuah inovasi yang menarik yang disajikan oleh Samsung ke dalam smartphone ini.

Penggunaan layar OLED berukuran masing-masing 3,5 inci juga merupakan sebuah pertimbangan yang cukup menarik dari Samsung. Artinya, Samsung tak perlu menghadirkan perangkat ini dengan dimensi yang lebih besar. Namun dengan ukuran layar seperti itu, diharapkan perangkat ini masih menawarkan kenyamanan kepada pengguna.

Karena ini smartphone yang bisa dilipat, Samsung juga harus mampu menyajikan engsel khusus sehingga perangkat ini benar-benar terlihat lebih futuristik. Tentu saja, yang tak kalah menarik untuk ditunggu-tunggu adalah spesifikasi hardware yang bakal ditanam ke dalam smartphone ini. Bukan begitu?