Pembaruan iOS 11.3 membuat fitur mikrofon di ponsel iPhone 7 dan iPhone 7 Plus bermasalah. Tanpa perlu dikonfirmasi, Apple telah mengakui persoalan tersebut.

Advertisement

Dilansir 9to5mac, dokumen internal untuk karyawan di Apple Store dan Apple Authorized Service Provider menyatakan bahwa pembaruan iOS 11.3 memang berdampak kepada fitur mikrofon.

Menurut dokumen itu, tanda bahwa mikrofon bermasalah bisa diketahui ketika ikon speaker berwarna abu-abu dan tidak bisa ditekan saat melakukan panggilan telepon atau mencoba FaceTime.

Apple telah meminta kepada para pemilik iPhone 7 dan iPhone 7 Plus untuk memastikan bahwa tidak ada perangkat audio nirkabel yang sedang terhubung. Jika masih bermasalah, ada alat untuk diagnosa audio di iPhone milik Apple Authorized Service Provider.

“Kalau iPhone menampikan peringatan “device could not detect dock” atau “accessory not supported”, berarti ada masalah di perangkat mikrofon,”kata pihak Apple seperti yang tertulisa di dalam dokumen.

Apple mengatakan, ponsel iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang mengalami masalah tersebut dan sudah tidak bergaransi bisa memperoleh pengecualian. Tapi, Apple tak mengungkit soal tarif.

Dengan kata lain, tidak ada penjelasan apakah perbaikan mikrofon akan diberikan secara gratis atau harus membayar biaya servis atau langsung mendapatkan penukaran unit baru.

Sumber: 9to5mac.com