Tips & trik

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Dibuka Di Android

Penyebab umum mengenai aplikasi yang tidak bisa dibuka, macet, ataupun error bisanya karena file sampah yang terus menumpuk pada Android dan membuat aplikasi terjadi error, macet, dan rusak. Atau bisa saja yang paling buruk yakni terkena Virus. Untuk mengatasinya, ada beberapa metode yang bisa anda lakukan. Lebih jelasnya, silahkan anda simak Metode Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Tidak Bisa Dibuka di Android berikut ini.

1. Bersihkan Cache Aplikasi

Untuk membersihkan file sampah android, anda bisa langsung masuk pada pengaturan dan bersihkan file sampah pada aplikasi Telegram. Namun untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya install aplikasi Cleaner/ Pembersih seperti Clean Master, 1 Tap Cleaner, CCleaner, dan aplikasi cleaner lainnya. Untuk membersihkan file cache secara manual tanpa aplikasi, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Telegram” » Selanjutnya tap “Hapus Data” »kemudian Pilih “Bersihkan Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

2. Hapus Data Aplikasi

Jika metode pertama tidak berhasil maka coba dengan metode kedua yakni menghapus data aplikasi Telegram. Metode ini akan membersihkan Telegram dari file sampah, history, setelan, chat, data login, basis data, dan lainnya. Untuk menghapus data aplikasi Telegram, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Telegram” » Selanjutnya tap “Hapus Data” »kemudian Pilih “Kelola Ruang”, kemudian dari bagian tersebut anda bisa memilih banyak opsional pembersihan ….

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

3. Install Ulang Aplikasi

Jika metode pertama dan kedua tidak berhasil maka terpaksa anda harus menghapus dan menginstall-nya kembali aplikasi Telegram. Untuk lebih amannya dan terjamin lebih baik, sebaiknya nantinya unduh aplikasi Telegram langsung dari Google Play Store, bukan dari Apk dari situs pihak ketiga yang belum tentu aman. Untuk menghapus aplikasi Telegram, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Telegram” » Selanjutnya tap “Uninstall” »kemudian Pilih “OKE”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

4. Restart Smartphone

Setelah metode ketiga anda lakukan, metode terakhir yakni restart atau reboot smartphone android. Hal ini bertujuan supaya Android lebih bersih dari file sampah, lebih fresh dan aplikasi Telegram juga serasa lebih baru.

Untuk menghindari kesalahan, error , ataupun macet pada aplikasi Telegram sebaiknya anda gunakan aplikasi cleaner dan bersihkan file sampah yang ada di Android secara rutin. Ada banyak aplikasi cleaner yang bisa anda coba gunakan seperti Clean Master, 1 Tap Cleaner, CCleaner, CM Security, CM Booster, dan lainnya. Anda bisa cari langsung pada Google Play Store dengan kata kunci “Cleaner”.

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Dibuka, Macet, Dan Error di Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Comments
To Top