1. Supergroup: Grup dengan Jumlah Anggota yang Berlimpah

Fitur ini tentunya sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Ya, di dalam apliaksi Telegram, jumlah maksimal anggota dalam sebuah grup bisa mencapai 100.000 anggota.

Fitur ini sendiri disebut sebagai supergroup. Untuk menggunakannya, cukup masuk pada sebuah grup dan ketuk bagian Edit. Pilih opsi Convert to Supergroup

2. Fitur Edit Message

Jika pada beberapa layanan pepesanan lainnya hanya menyediakan pembatalan pengiriman pesan, dalam Telegram kita bisa mengubah kesalahan ketik pada chat yang sudah terkirim.

Cukup tekan dan tahan pesan yang ingin diubah hingga muncul pilihan menu. Pilih opsi Edit dan perbaiki kesalahan ketik tersebut. Nantinya penerima pesan akan mendapatkan pemberitaan soal perubahan yang dilakukan, namun tidak akan bisa melihat pesan sebelum kita ubah.

3. Secret Chats

Tidak perlu repot-repot menghapus percakapan rahasia, menggunakan Telegram kita bisa melakukan pengiriman pesan tersembunyi. Kita bisa memilih percakapan mana saja yang ingin disembunyikan. Percakapan yang disembunyikan ini nantinya tidak akan tersimpan ke dalam server Telegram dan akan hancur sendirinya setelah beberapa saat.

4. Melihat Video YouTube sambil Tetap Chatting

Kita pastinya pernah menerima sebuah kiriman video YouTube dari teman chat kita. Di aplikasi pepesana lain, Ketika membukanya, biasanya kita harus keluar dari aplikasi pepesanan tersebut. Di Telegram, hal itu bisa dihindari. Pasalnya ketika menggunakan aplikasi ini kita bisa menonton video sambil tetap melakukan chatting. Cukup tekan ikon Picture in Picture yang tersedia.

5. Fitur Last Seen yang Lebih Baik

Di dalam WhatsApp kita mungkin bisa mengatur last seen agar bisa dilihat oleh setiap orang, kontak WhatsApp kita atu tidak bisa dilihat sama sekai. Dalam Telegram, fitur ini pun hadir, namun dengan sebuah pengembangan. Kita bisa memilih lebih detail siapa saja yang bisa melihat last seen kita. Cukup masuk pada menu Privacy dan pilih pengaturan seperti ‘Always Share With’ atau ‘Never Share With’

6. Menambahkan Stiker pada Foto

Jika kalian adalah pengguna yang senang menambahkan stiker pada foto, Telegram akan menjadi pilihan yang sangat tepat. Melalui aplikasi ini, selain bisa menambahkan stiker, kita juga bisa mengedit sebuah foto seperti yang digunakan Snapchat. Tentunya proses edit foto akan menjadi lebih menarik.

7. Gambar tidak Langsung Diunduh ke Galeri

Salah satu hal yang paling menjengkelkan ketika menggunakan beberapa aplikasi chat adalah fitur auto download. Sebagai contoh, ketika kita menggunakan WhatsApp, aplikasi ini akan secara otomatis mengunduh setiap foto dan video yang kita terima. Jika pengaturan auto download dinonaktifkan, maka gambar yang kita terima akan terlihat buram, sehingga kita tidak tahu apakah gambar tersebut penting atau tidak.

Pada Telegram, hal tersebut bisa diatasi. Kita bisa mengatur dalam aplikasi Telegram agar gambar yang dikirim lewat Telegram tidak tersimpan dalam galeri. Caranya pun mudah, cukup matikan opsi pilihan ‘Save to Gallery’. Meski tidak disimpan, semua gambar tetap bisa kamu terima dengan jelas.