Software

Semua Android Baru Akan Berjalan dengan Oreo?

Menutup sertifikasi platform Android lawas, sudah menjadi standard bagi Google. Kabarnya, Google memberhentikan sertifikasi perangkat baru untuk beberapa versi Android tertentu.

Termasuk menghentikan sertifikasi Android generasi ketujuh, Android Nougat pada akhir Maret mendatang.

Pengumuman itu menjadi peringatan bagi vendor yang akan merilis perangkatnya dengan sertifikasi Android Nougat sebelum akhir Maret.

Dilaporkan Live Mint, semua perangkat Android baru bersertifikasi Google Play, wajib dirilis dengan Android 8.0 Oreo, sebagai sistem operasi teranyar Android.

Seperti ketika Google menutup sertifikasi Andorid Marshmallow pada akhir Januari 2017 lalu, selang lima bulan setelah perilisan Android 7.0 Nougat. Andorid Nougat pun dipensiunkan, tujuh bulan setelah Android Oreo yang rilis Agustus 2017 lalu.

Dikarenakan Google sendiri yang menyetop pembaruan Android Nougat, maka ada harapan bagi perangkat Android baru, untuk mendapat dukungan modul Project Treble. Sebab, Project Trebel menjadi salah satu persyaratan Google untuk meluncurkan perangkat apa pun yang berbasis Android Oreo.

Project Trebel disebut bisa memangkas waktu ketika pengguna melakukan upgrade perangkat ke OS versi lebih tinggi. Sehingga proses upgrade OS lebih mudah dilakukan.

Dari 16.000 perangkat yang tersertifikasi Google Play, masih sesikit di antaranya yang telah dibekali Android Oreo.

Untuk perangkat yang masih berjalan di Android Nougat, ada kemungkinan tidak akan menjadi perangkat Android Bersertifikasi, sehingga akan kesulitan untuk mengakses Google Play Store.

Android 8.0 Oreo adalah versi kedelapan dari sistem operasi Android mobile. Android Oreo membawa beberapa fitur baru seperti background limit untuk menghemat baterai dan data, notification channel dan dots untuk mempermudah akses ke hal-hal penting, picture in pictureuntuk menunjang produktivitas dengan dua aplikasi pada satu waktu, serta keamanan yang diklaim lebih mumpuni.

Optimisasi sistem operasi pada Android Oreo digadang-gadang bisa menghasilkan performa dua kali lebih cepat dari versi sebelumnya. Bagi pecinta emoji, ada lebih dari 60 emoji baru yang tersedia.

Comments
To Top