Apps

WhatsApp Batasi Umur Penggunanya

WhatsApp menggulirkan aturan baru bagi penggunanya. Aturan baru ini berlaku bagi pengguna WhatsApp di Eropa.

Dilansir The Guardian, pengguna WhatsApp yang berdomisili di Eropa nantinya harus menyatakan telah berumur setidaknya 16 tahun sebelum bisa memakai aplikasi pesan instan tersebut.

Adapun syarat umur minimal WhatsApp tetap 13 tahun di wilayah lain di luar Eropa.

Aturan baru ini dikeluarkan WhatsApp karena Eropa akan menerapkan peraturan General Data Protection Regulation (GDPR). Hal tersebut membuat perusahaan-perusahaan teknologi berbenah untuk memenuhi regulasi baru tersebut salah satunya WhatsApp.

WhatsApp mengubah ketentuan umur minimal penggunanya dari 13 tahun menjadi 16 tahun. Kebijakan baru ini rencananya akan diterapkan lewat persyaratan penggunaan (terms of service) baru dalam beberapa pekan ke depan.

Regulasi GDPR membatasi perusahaan-perusahaan teknologi hanya bisa mengambil dan mengolah data pribadi dari warga yang berusia setidaknya 16 tahun. Sementara, warga rusia  di bawah 13 tahun hanya boleh berbagi di informasi di ranah digital lewat seorang wali (misalnya orang tua) dewasa.

Selain itu, untuk meningkatkan transparansinya soal penggunaan data, WhatsApp turut menyatakan bakal merilis informasi tentang data apa saja yang dikumpulkan dari pengguna.

Dalam beberapa pekan ke depan,  pembaruan WhatsApp akan mengizinkan penggunanya untuk mengunduh dan melihat batasan data yang dikumpulkan oleh layanan berbagi pesan tersebut.

Perubahan kebijakan untuk penggunaan data serta pembaruan ini terjadi setelah Facebook Inc, yang juga menaungi WhatsApp dikritik habis-habisan oleh dunia akibat cara mereka menangani kerahasiaan data pengguna.

Comments
To Top